Lihat ke Halaman Asli

Inovatif! Mahasiswa KKN Tim 1 Undip Membuat Suplemen Pakan Sederhana "Mineral Blok" Untuk Meningkatkan Produktivitas Hewan Ternak

Diperbarui: 10 Februari 2023   11:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Untuk memperbaiki produktivitas ternak sapi di Desa Panekan Kecamatan Eromoko Kabupaten Wonogiri, KKN UNDIP 2023 kali ini memfokuskan perhatian mereka pada hal ini. Survei dilakukan oleh tim KKN dan hasilnya menunjukkan bahwa pemilik sapi mengeluhkan produktivitas yang kurang baik dari ternak sapi mereka, seperti nafsu makan yang menurun dan bobot badan yang tidak meningkat. Oleh karena itu, KKN UNDIP 2023 memutuskan untuk mengatasi masalah ini dengan memberikan pelatihan pembuatan mineral blok.

Untuk mengatasi masalah ini, tim KKN memutuskan untuk memberikan pelatihan pembuatan mineral blok untuk meningkatkan nafsu makan sapi dan meningkatkan produktivitas ternak itu sendiri. Kegiatan ini dilakukan pada saat pertemuan dengan anggota BUMDes serta pemilik ternak sapi di Desa Panekan yaitu pada hari Selasa (07/02/2023). Dalam kegiatan ini, mahasiswa UNDIP membantu memberikan pelatihan pembuatan mineral blok kepada peternak sapi untuk meningkatkan produktivitas dari sapi itu sendiri.

Mahasiswa yang tergabung dalam kegiatan KKN ini mengaku sangat bersyukur atas antusiasme dari masyarakat disini dengan adanya program ini. Salah satu mahasiswa mengatakan, "Program KKN ini sangat membuat kami senang dan bangga karena kami bisa membantu memberikan pelatihan kepada peternak sapi di Desa Panekan tentang pembuatan mineral blok agar sapi mereka bisa hidup lebih sehat dan produktif."

Hasil wawancara dengan salah satu peternak sapi di Desa Panekan, menyatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi produktivitas ternak sapi yang dimilikinya. Ia mengatakan, "Sebelum ini, saya kurang paham mengenai pembuatan mineral blok yang baik untuk meningkatkan nafsu makan dan produktivitas sapi. Namun setelah mengikuti pelatihan dari mahasiswa UNDIP, saya sadar betul bagaimana pentingnya membuat mineral blok yang baik untuk sapi agar produktivitas sapi bisa meningkat."

Program KKN ini memang sangat bermanfaat bagi peternak sapi di Desa Panekan. Kegiatan ini tidak hanya membantu peternak sapi dalam hal peningkatan produktivitas ternak sapi, namun juga membantu mahasiswa dalam hal peningkatan wawasan dan pengalaman dalam bidang peternakan. Kegiatan KKN ini juga merupakan bentuk kepedulian UNDIP terhadap masyarakat di sekitar kampus dan memberikan solusi atas permasalahan yang ada.

Dalam kegiatan ini, mahasiswa bekerja sama dengan BUMDes dan pemilik sapi di Desa Panekan untuk memberikan solusi atas masalah produktivitas ternak sapi. Kegiatan ini merupakan bentuk kemitraan yang baik antara mahasiswa dengan masyarakat sekitar dan juga merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap pembangunan desa.

Pentingnya produktivitas ternak sapi bagi perekonomian masyarakat di Desa Panekan tidak dapat disepelekan. Oleh karena itu, program KKN UNDIP 2023 ini sangat strategis dalam memberikan solusi atas masalah tersebut dan membantu masyarakat dalam meningkatkan produktivitas ternak sapi. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari upaya mahasiswa dalam memajukan dan membantu masyarakat di daerah tersebut khususnya dalam bidang peternakan.

Dalam kegiatan ini, para mahasiswa KKN berharap dapat terus berkoordinasi dan bekerja sama dengan BUMDes dan  pemilik sapi di Desa Panekan untuk memastikan program ini dapat berjalan dengan baik dan mencapai hasil yang maksimal. Program KKN UNDIP 2023 ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi program-program kegiatan KKN lainnya di masa yang akan datang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline