Lihat ke Halaman Asli

BONJOUR AGHAPY ILMASIHI

I will do my best to explain

Kristiani | Apakah Umat Kristiani Memiliki Arah Kiblat Saat Sembahyang?

Diperbarui: 16 April 2021   23:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Source: unsplash.com

Shalom aleichem bshem hMasiach...

Shlāmā...

Kali ini Bonjour ingin membahas tentang arah sembahyang umat Pengikut Kristus [مسيحيين].

Kristen khususnya Orthodoxy (Ortodoksi) memiliki arah kiblat ketika sembahyang harian atau ketika sedang melakukan (الأجبيا) Agpeya [Doa 7 Waktu].

Namun jika kamu memiliki Ikon maka kamu sembahyang ke arah Ikon tersebut, tapi kalau bonjour secara pribadi ke Ikon yang menghadap ke timur.

Apakah arah kiblat ini tertulis didalam Alkitab ((Alkitab Almuqaddas) الكتاب المقدس) [The Holy Bible]? Tentu saja, tertulis saudara-saudari seiman didalam Kristus. Mari kita lihat di dalam Kitab 2 Tawarikh 6:39-40 (kiblat); Mazmur 5:7-8 (arah bait-Nya). 

Bonjour baca: Yasu' | Doa yang Diajarkan oleh Yesus Kristus

Lalu ke arah manakah sebenarnya Bait Kudus Allah itu? Yups! Dahulu memang ada Bait Allah yang Maha Kudus (di Yerusalem) namun ketika sang Kristus (يسوع المسيح) di salib Injil Markus 15:33-41 (مرقس 15: 33-41), dan Kristus (المسيح) pun berkata didalam Injil Yohanes 4:12 (12:4 يوحنا) yang intinya tentagn menyembah/berdoa, dan setelah terleblah/krhancurannya bait itu pun kembali di bangun dalam waktu 3 hari yaitu Kristus Yesus itu sendiri ketika bangkit dari kematian. Injil Lukas 24:1-12;44-49 (لوقا 24 :1-12 44-49). 

Jadi, Koptik yang Orthodox memang memiliki arah sembahyang yaitu ke arah timur seperti Gereja (AlKanisah atau Kenisah : الكنيسة) yang menghadap ke arah timur, salah satu contoh Gereja yang menghadap ke timur yakni Koptik (القبطية). Karena Sang Kristus (Yasoo3 atau Yasuu' alMasih : يسوع المسيح) datang dari arah Timur, maka dari itu Bonjour selaku umat pengikut Kristus melakukan sembahyang atau berdoa 7 waktu dengan menghadap ke arah Timur. Injil Matius 24:27 (متى 27:24). 

Umumnya Pengikut Kristus yang Orthodox salah satunya yakni Gereja (الكنيسة) yang menjalankan ibadah 7 waktu atau Agpeya (الأجبيا) tersebut menggunakan Kitab Mazmur dan Doa Bapa Kami dan sebagainya, ketika menunaikan ibadah doa 7 waktu atau sembahyang harian mereka. 

Bonjour baca : Doa Bapa Kami, Bahasa Bunda Maria | Abun de Bashmayo

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline