Lihat ke Halaman Asli

Hebat! Meningkatkan Minat Baca, Warga Lakukan Ini

Diperbarui: 10 Februari 2023   23:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Eromoko (5/2/2023) Minat baca masih menjadi permasalahan yang masih perlu secara bertahap dituntaskan. Permasalahan tersebut bisa diselesaikan dimulai dari tingkat terendah yaitu pada tingkat desa. Tersedianya ruang membaca menjadi solusi terbaik dalam meningkatkan minat baca masyarakat desa. Tentunya koleksi yang ada juga harus disesuaikan dengan kebutuhan seluruh masyarakat dimana sebuah perpustakaan berada. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, KKN TIM I Undip melaksanakan sebuah program keilmuan "Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengelolaan Koleksi Perpustakaan Desa Baleharjo"

Tidak adanya perpustakaan desa menjadi kekhawatiran Kepala Desa Baleharjo, sehingga bekerja sama dengan KKN TIM 1 Undip untuk membantu dalam pengadaan koleksi perpustakaan sementara ruang perpustakaan dipersiapkan. Target dari kegiatan ini adalah masyarakat desa, dengan bantuan Kepala Desa maka kelompok masyarakat yang akan diajak bekerja sama sebagai perwakilan desa adalah ibu-ibu yang merupakan anggota Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengadakan diskusi untuk pengadaan koleksi perpustakaan, dilanjutkan dengan pengenalan perpustakaan desa dan bagaimana merawat koleksi perpustakaan desa. Diharapkan dengan dihadiri oleh PKK, kegiatan ini mampu membangun kesadaran akan pentingnya perpustakaan desa dan mengelola koleksi yang ada sebagai upaya peningkatan minat baca.

Kegiatan akan dilaksanakan pada tanggal 5 Februari 2023 di balai desa Baleharjo, dihadiri oleh KKN TIM 1 Undip, Kepala Desa, dan perwakilan dari PKK.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline