Lihat ke Halaman Asli

Pancasila Modal Keprofesionalan

Diperbarui: 24 Juni 2015   08:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

sejak kita TK sampai SMA/SMK bahkan perguruan tinggi kita selalu diajarkan tentang Pancasila, menurut saya ini merupakan penanaman keprofesionalan dini terhadap semua orang yg belajar Pancasila.
Menurut saya ini bagus, mengapa seperti itu ? karena setiap sila tersebut sangat bermakna dalam untuk individu bahkan untuk semua orang.
misalkan :

sila Pertama yaitu : KeTuhanan yang Maha Esa.
disila ini bangsa indonesia menyatakan kepercayaan dan ketaqwannya terhadap Tuhan Yang Maha Esa, dari sila ini kita dapat belajar bahwa kita perlu berkepercayaan dan bertaqwa kepada Tuhan yg dimana pasti ajarannya selalu mengajak kita kejalan yg penuh dengan keindahan dunia dan akhirat.

sila Kedua yaitu : Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab.
kita pasti bisa mengartikan apa itu Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab, dimana manusia harus diperlakukan sederajat tanpa penindasan dan dihargai martabatnya, jadi disila ini kita harusnya mengerti bagaimana kita harus saling menghargai satu dengan yg lainnya.

sila Ketiga : Persatuan Indonesia.
kita sebagai warga diindonesia mesti bersatu dan saling menjaga tanah air kita ini untuk tetap jaya kalau bisa kita harus lebih menjayakannya lagi supaya kita sebagai generasi penerus, bisa membanggakan pahlawan pahlawan dan bisa lebih mengharumkan Indonesia, dari sini kita dapat belajar bagaimana kita harus bersatu tanpa adanya keputus asaan sampai kita dapat berhasil mencapai kesuksesan.

sila keEmpat : Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan dan Perwakilan.
dari sini kita dapat belajar cara bermusyawarah tanpa adanya kekerasan dan saling mengharagai pendapat orang lain yg dapat memotivasi kita untuk menjadi lebih baik.

sila keLima : keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia
disila ini kita harus belajar bagaimana kita harus adil terhadap sesama warga Indonesia tanpa adanya diskriminasi satu sama lain.

dengan kita mengetahui semua sila ini dan dapat mengartikannya dengan positif dan benar, kita akan membangun jiwa keprofesionalan kita terhadap segala sesuatu hal, terutama pada karir kita yg dapat memajukan atau mengharumkan Indonesia kita.
sekian dan terimakasih.

beginners and need some advice from you.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline