Lihat ke Halaman Asli

Pancasila Sangat Indah

Diperbarui: 24 Juni 2015   08:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Pancasila sangat lah indah jika setiap individu memiliki jiwa kepancasilaan yg tinggi, bayangkan saja dalam semua cangkup sila-silanya terdapat keseimbangan yg sangat absolut dari keagamaan, kemanusiaan, persatuan, kebijaksanaan dan keadilan.

jika kita bayangkan pancasila itu seperti mie rebus yang sangat lezat jika semua bahan bahannya komplit, tetapi jika ada satu bahan yg tidak terpakai pasti rasanya akan hambar dan kurang enak bila dimakan. bayangkan saja jika sila pertama tidak diterapkan tetapi semua sila diterapkan akan terjadi bangsa komunisme dimana orang orang tidak memiliki agama tapi dia percaya kalo tuhan itu ada, sunguh malang menurut saya jika hidup kita seperit itu.

kita tau bahwa ajaran agama itu sangat penting untuk kehidupan dan bernegara, makanya disila pertama dituliskan Ketuhanan yg maha Esa dimana ajaran agama itu sangat menjerumus pada suatu hal yg positif.
jika kita sudah melaksanakan sila pertama ini dengan baik alangkah baiknya lagi kita melaksanakan sila keduanya.

memiliki modal sila pertama dan kedua ini akan membangun masyarakat yg lebih erat dan kuat tanpa adanya perbedaan satu sama lain, liat saja perjuangan pahlawan kita dulu, mereka sangat kokoh walapun sering mengalami kehancuran tetapi selalu bangkit dan lebih menjadi kokoh dari sebelumnya.

untuk mencapai keindahan dari pancasila tentu saja tidak mudah, jangan berbangga hati jika sudah memiliki dua modal, tiga atau empat modal sila yg sudah kita terapkan. tetapi jika semua sila sudah kita miliki dalam hati nurani dan sudah kita terapkan dilingkungan baru lah merasa bangga karena kita sudah memiliki pedoman pancasila yg siap menuntun kita pada keindahan bernegara.

jadi terapkan lah semua sila pada diri kita untuk mencapai negara yg indah dan kokoh melebihi negara lain, jayalah Indonesiaku dengan Pancasila.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline