Lihat ke Halaman Asli

KS Story

PNS Asyk Bertani

Pejuang Mimpi Episode 40 Memerdekakan Diri Sendiri Itu Harus

Diperbarui: 21 Oktober 2024   17:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi



Pejuang Mimpi Episode 40
Memerdekakan Hati Sendiri Itu Penting

"Hai..., sadar ga sih?
Semakin dewasa, kita tahu bahwa memikirkan diri sendiri itu, __harus. Bukan karena kita egois. Bukan juga, karena kita ga mau mikirin orang lain. Tapi..., karena sepanjang hidup kita..., __mungkin kita sudah terlalu sering memprioritaskan orang lain dibanding diri kita sendiri. Kita sudah terlalu sering..., mengikuti apa itu ekspektasi dan juga tuntutan orang lain. Sampai harus berkali-kali mengorbankan sesuatu yang sebenarnya, kita mau. Semakin dewasa..., kita sadar. Bahwa kebahagiaan kita, bukan lagi dari punya banyak teman..., bukan lagi dari pergi kesana kemari, bukan jugaa.., __dari mendapatkan banyak barang. Tapi kebahagiaan utama..., adalah dari kenyamanan diri kita sendiri. Dimana kita bisa merasa cukup..., merasa bersyukur..., dan akhirnya kita bisa berterimakasih pada diri kita sendiri. Semakin dewasa..., ga pa-paaa koq. Untuk kita..., pikirkan diri kita sendiri juga. Ga pa-paaa. Untuk kita say thank you sama diri kita, __atas apa yang sudah dia lakukan selama ini."

Gaess...,
Belajar satu hal lagi hari ini ; "Kamu tidak perlu selalu ada untuk manusia lain. Kamu tidak harus selalu menjadi manusia tulus. Itu tidak akan menjamin kamu akan selalu diperlakukan dengan baik. Karena ketika kamu hancur berantakan pun, mereka belum tentu peduli. Mungkin hanya sekedar basa basi tanpa adanya rasa empati. Jadi mulai sekarang..., belajarlah untuk hidup hanya dengan dirimu sendiri". Silahkan setuju!

Ada kondisi yang harus dapat kita terima, karena setiap orang berhak atas pilihan terbaik bagi hidupnya. Lihat aja tuh..., orang-orang di luar sana yang selalu pengin nyenengin orang lain dengan pengorbanan dan berbagai macam cara, mulai dari yang biasa hingga yang nggak biasa wkwkka. Kita sendiri mungkin juga pernah, kan? Segala hal dilakukan demi orang lain, biar merasa dihargai. Tapi terkadang..., hal-hal yang dilakukan tersebut malah menyusahkan diri sendiri.

"Berhentilah...., menyenangkan hati orang yang tidak pernah menghargai kita. Karena hidup ini pilihan. Apa yang membuatmu sedih, __tinggalkan. Dan apa yang membuatmu bahagia, __pertahankan!".

Sekarang..., memerdekakan hati sendiri itu penting. Banyak hal yang sebenarnya kita sendiri tuh sudah tau apa yang harus dilakukan. Seperti fokus pada diri sendiri..., kurangi main sama teman..., fokuskan diri untuk keluarga, jauhi orang-orang yang memiliki pengaruh negatif dalam hidup, urus usaha pribadi bener-bener. Jangan lalai juga, lagi! Begitulah, orang tua selalu mengingatkan kita dalam menjalani hidup. Dan dari semua teori yang kita tau itu, tentu ini sebenernya bukan sulit juga untuk dilakukan, bukan?

Aku juga pernah bertanya pada orang yang sangat sukses untuk membagikan rahasianya kepadaku. Orang itu tersenyum melihat aku, dan ia menjawab. "Aku mulai sukses ketika aku meninggalkan pertarungan kecil untuk petarung kecil. Aku berhenti bertarung dengan mereka yang menggosipkan aku..., aku berhenti bertarung dengan partnerku yang curang..., aku berhenti bertarung untuk perhatian..., dan aku berhenti bertarung terhadap ekspektasi publik tentangku. Aku mulai bertarung untuk visiku, mimpiku, ideku dan takdirku.". Senang..., aku mendengarnya.

Semakin dewasa...., aku pun mencoba menyendiri untuk beberapa waktu. Evaluasi diri..., menerima kenyataan, dan tidak semua hal harus sharing kepada siapa-siapa. Akhir-akhir ini, akupun mencoba fokus untuk menjadi seorang yang lebih baik lagi dari diri yang lalu. Untuk hari ini, esok dan hari lainnya, aku hanya ingin menjadi jiwa yang berlapang dada perihal ketetapan yang kadang tak sesuai kemauan. Juga menjadi hati yang selalu siaga ketika kecewa datang tanpa aba-aba. Dan aku ingin..., menjadi alasan rasa syukur untuk sebuah hati yang ingin membersamai tanpa tapi.

Self talk;
"Tetap menjadi diri yang mao tumbuh dan bertambah baik, KS! Berusahalah untuk enggak terjebak selalu memenuhi ekspektasi orang lain".

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline