Lihat ke Halaman Asli

KS Story

PNS Asyk Bertani

Pejuang Mimpi Episode 34 Bicara tentang Sifat Asli Itu Rumit

Diperbarui: 9 Oktober 2024   14:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi




Pejuang Mimpi Episode 34
  Bicara Tentang Sifat Asli Itu Rumit

"Kita tuh ga pernah tau ..., aslinya orang kayak gimana. Kita ga pernah tau siapa yang beneran baik..., siapa yang beneran jahat. Bahkan..., orang yang wajahnya polospun, __bisa menipu kan...?"

Bicara tentang sifat asli itu rumit. Kita tidak bisa tau yang dia tunjukkan itu sifat asli atau bukan. Karena tidak semua orang akan menunjukkan sifat aslinya di tiap situasi. Terkadang..., orang belum tentu menunjukkan sifat yang sama meskipun dihadapkan pada suatu permasalahan yang sama. Tergantung juga, dengan siapa orang yang membersamainya. Serta kondisinya pun akan berpengaruh pada keaslian sifatnya.

*Jadi gimana dong?*
Untuk mengetahui itu, sebagai orang yang baru kenal tidak hanya dari first impression saja. Meskipun hal itu memang sangat berpengaruh. Tentunya kepada orang yang baru kenal tidak banyak sifat asli yang akan ditunjukkan. Apalagi kalau kenal di tempat dan situasi yang tidak menyenangkan bukan?

Saya kenal beberapa orang yang suka memelihara hewan dan menunjukkan kelembutan pada hewan peliharaannya, namun dia cukup offensive pada orang lain. Maka disini hewan yang dimaksud itu bukanlah hewan peliharaan. Tapi, bisa diperhatikan bagaimana ia memperlakukan makhluk hidup. Bagaimana sikapnya..., ekspresinya..., dan bahasa tubuhnya saat bertemu orang lain. Begitupun cara ia memperlakukan orang lain. Kemudian kepada hewan dan tumbuhan. Bagaimana ia berperilaku atau merespon saat ada hewan yang mendekatinya. Meskipun hal ini tidak selalu selaras tentang bagaimana ia bersikap kepada orang lain.

Sedangkan jika kamu orang yang sudah lama kenal, maka kamu bisa mendapat jawaban yang lebih banyak. Jika kamu bepergian dengannya, maka perhatikan ; bagaimana ia menepati waktu, serta bagaimana ia selama perjalanan berlangsung. Bagaimana ia menghabiskan uangnya selama dalam perjalanan bersamamu.

Jika kamu adalah rekan kerjanya, maka perhatikan ; bagaimana ia mengerjakan tugasnya, dan bagaimana pula ia jika mendapat masalah. Bagaimana ia memperlakukan junior atau orang yang jabatannya lebih rendah. Pernah menjadi 1 tim di pekerjaan/kegiatan yang berlangsung lebih dari beberapa bulan? Akan terlihat mana orang yang jarkoni bisa ngajar ra bisa ngelakoni alias ngomong tok.

Jika kamu adalah teman barunya. Ajak ia ndaki/adventure. Yang saya dapati ketika ndaki/adventure bareng adalah, keluarnya sifat alami atau sifat aslinya. Yang punya sifat pemimpin. Ia akan selalu peduli, solid, mengalah, dan bisa menjadi solusi kalau ada masalah. Yang egois. Kalo bawa barang, nyarinya pasti yang enteng-enteng. Maunya bawa punya pribadi, tapi kalo punya kelompok ngandelin temennya, wkwkka. Yang Pelit. Biasanya bawa makanan agak diumpet-umpetin. Makannya seuprit-uprit tuh, biar gak ketahuan. Yang Penakut. Kalo nanjak so pasti nggak berani paling belakang, apalagi klo trek malam. Yang Penyerah. Ini paling mengengek banget nih, mau cepat-cepat istirahat kadang minta turun balik ke basecamp. Yang tukang sambat (ngeluh). Ini kerjaannya, yaah ngoceh mulu selama perjalanan. Apalagi klo udah ngerasa capek dan lapar, serasa mau nelen temennya sendiri, xixixi.Yang Sok Jago. Ini biasanya keliatan suka buka-buka baju walau udara dingin banget, mungkin biar keliatan kali ya klo badannya keker-ringan, eleeh sok kekar se-dunnya huahaha.Yang Kemproh. Klo yang bersih pasti bakal mandi di basecamp sebelum naik dan sesudah turun. Tapi klo yang kemproh, pantang mandi dia tuh, juga bajunya paling kotor biasanya pas trek. Positive thingking mungkin biar makin kerasa tuh adventur-adventurnya. Geetuu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline