Lihat ke Halaman Asli

Cinderamata dan Komisi

Diperbarui: 24 Juni 2015   06:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Salah satu tujuan wisata di Indonesia dan dunia adalah Yogyakarta. Kota ini dikenal karena keramahan nya dan banyak nya obyek wisata yang berada di dalam kota, seperti hal nya kraton, taman sari, pusat kerajinan perak kota gede, makam raja-raja Imogiri, dll.

Belum lagi obyek wisata luar kota yang berada di sekitar Daerah Istimewa Yogyakarta seperti : Borobudur, Prambanan, Candi Boko, deretan pantai di Bantul sampai dengan Gunungkidul, Gua Kiskendo,dll.

Disamping pendapatan daerah dari sektor formal tersebut, ada beberapa pendapatan sektor informal yang bisa dihasilkan oleh pelaku wisata di Yogyakarta, salah satu yang paling tidak kentara adalah para pengantar wisatawan ke tempat-tempat penjualan cinderamata.

Para pelaku tersebut biasanya adalah tukang becak, sopir taksi, informasi hotel-hotel dan pemandu wisata lokal. Mereka-mereka inilah yang berpotensi mendapat kan penghasilan besar dari komisi-komisi toko cinderamata tersebut.

Biasanya yang menggunakan jasa mereka diantaranya adalah :


  • distro kaos khas jogja (asli maupun KW)
  • toko makanan khas (bakpia, geplak, dsb)
  • penjual perak di kota gede
  • toko-toko batik


Biasanya para pengantar minimal (jaman dahulu) mendapatkan es teh manis atau uang dengan nominal tertentu yang menurut mereka layak.

Penjual barang (dahulu) memang terkadang dirugikan karena pengunjung yang dibawa oleh pengantar hanya mengeluarkan uang dengan nominal yang lebih sedikit dari komisi yang diberikan kepada pengantar akan tetapi kerugian tersebut akan tertutup apabila ada pengunjung lain yang memang cocok dengan barang yang dijual dan membeli dalam jumlah besar untuk oleh-oleh.

Namun belakangan ini pengantar tidak lagi dibutuhkan karena (lagi-lagi) keberadaan teknologi canggih yang bernama smartphone dan internet. Dengan sebuah alat yang seukuran (minimal) 4" wisatawan sudah dapat mengetahui denah lokasi yang sebelum nya telah ditunjukan melalui peta di internet.

Tawaran dari pengantar untuk menuju tempat cinderamata baik makanan maupun fashion ditolak mentah-mentah dan meminta untuk diantar ke tujuan yang lebih spesifik.

Ketidakberdayaan pengantar untuk mengajak wisatawan ke tempat yang pengantar inginkan tidak mempengaruhi beberapa penjual cinderamata yang bersifat eksklusif (dalam artian di lokasi nya hanya menjual satu buah merk saja) sebagai contoh : Bakpia Kurnia Sari yang selalu menjadi idaman para pencinta bakpia.

Bakpia Kurnia Sari dikenal karena rasa keju dan susu nya yang khas, semenjak awal mereka tidak menerapkan kebijakan pemberian komisi bagi para pengantar. Bahkan para reseller yang berjualan di internet yang menjual dengan jumlah dos yang cukup besar tidak diberikan potongan. Walaupun pengabaian terhadap pengantar maupun reseller dilakukan tapi konsumen tetap mencari bahkan kalau dilihat yang di daerah Glagahsari yang berdatangan kebanyakan menggunakan mobil tidak becak maupun andong seperti yang di daerah pathuk.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline