Lihat ke Halaman Asli

Anak Berkata Kasar, Apakah Sebuah Kesalahan?

Diperbarui: 14 Maret 2022   20:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi ibu memarahi anak (sumber: freepik.com via parapuan.co)

Anak adalah cerminan apa yang mereka lihat, dengar, dan rasakan. Sebagai orang dewasa, yang kebetulan menjadi pendidik---terlalu dini jika harus menyimpulkan baik atau tidaknya anak, hanya dari ujarannya. 

Luapan emosi dengan beberapa kata kasar dan kotor yang sumbang di telinga. Adakalanya harus kita telan pada saat bertugas di lapangan. Sebut saja; anjing, babi, goblok, monyet, banci, dan lainnya yang mungkin bisa lebih parah.

Sebagai pendidik, tentu hal ini membuat resah. Bagi saya, ini bukan persoalan moral satu anak. Tapi, juga satu kelompok. 

Alih-alih membantu pembelajaran---nyatanya, pendidik berisiko disalahi oleh orangtua, hanya karena sebuah ujaran. "Kok anak saya jadi gini", "Mental anak saya jadi rusak", "Bisa gak kalau anak itu, tidak ada di sini", dsb.

Hal di atas adalah sebuah kewajaran. Pendidikan yang digadang sebagai investasi jangka panjang, harusnya menjadi tempat aman---bagi anak untuk tumbuh dan berkembang. Lalu, kenapa anak bisa berkata kasar? Apakah lingkungan menjadi faktor terbesar?

***

Berdasarkan pengamatan pribadi dan referensi berbagai sumber, banyak sekali faktor yang menyebabkan anak meluapkan emosi kurang tepat.

Ya, saya menyebutnya begitu. Kesenjangan sosial, adalah satu hal paling kentara---kenapa ini bisa terjadi. Semua anak tidak bernasib untung, memiliki pola asuhan yang bijaksana. 

Pun lembaga pendidikan, formal maupun non-formal---tidak semuanya tahu dan menerapkan disiplin positif.

Lantas, apakah semakin bagus lingkungan dan sekolah, semakin baik juga karakter anak? Jawabannya iya, tapi belum tentu. Kita tidak bisa menampik, keluarga dan teknologi juga mengambil peranan besar di sini. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline