Lihat ke Halaman Asli

Putri Dita

Fulltime jobseeker | Parttime Writter

Penerapan TIK di Era Society 5.0

Diperbarui: 25 Januari 2022   10:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Pada era Society 5.0, reformasi sosial akan mengarah pada masyarakat yang berorientasimasa depan dimana masyarakat akan mengurangi perasaan stagnasi saat ini dalamlingkungan yang dimana anggotanya saling menghormati lintas generasi, setiap orangberperan aktif, dapat menjalankan pekerjaan dengan mudah, dan dapat menjalani kehidupanyang menyenangkan. 

Society 5.0 mencapai konvergensi virtual space dan real space padatingkat tinggi dibandingkan dengan masa lalu pada era society 4.0 orang akan mengakseslayanan database di dunia maya melalui Internet dan mencari, menggali dan menganalisisinformasi atau data tersebut dengan waktu yang lama dan cukup sulit.

Pada society 5.0, sejumlah besar data diakumulasikan oleh sensor di ruang fisik dan di duniamaya. Kecerdasan buatan (AI) menganalisis sejumlah besar data ini di dunia maya, danhasilnya dikirim kembali ke manusia di ruang fisik dalam berbagai format. 

Di Society 5.0,orang, benda, dan sistem saling berhubungan di dunia maya, dan hasil terbaik yang dicapaioleh AI yang melampaui kemampuan manusia dibawa kembali ke ruang fisik. Proses inimenciptakan nilai tambah baru bagi perekonomian dan masyarakat dengan cara yang tidakterbayangkan sebelumnya. 

Seiring pertumbuhan ekonomi, kehidupan menjadi lebih sejahteradan nyaman, permintaan energi dan pangan meningkat, harapan hidup meningkat, danmasyarakat yang menua semakin maju. Selain itu, ekonomi menjadi lebih global, danpersaingan internasional meningkat.

Isu-isu sosial yang harus ditanggulangi dalam menghadapi ekspansi ekonomi tersebutmenjadi semakin kompleks. Dalam situasi ini, berbagai tindakan sangat diperlukan, termasukpengurangan emisi gas rumah kaca, peningkatan produksi dan pengurangan kerugian pangan,pengurangan biaya yang terkait dengan masyarakat, mendukung industrialisasi berkelanjutan,redistribusi kekayaan dan memperbaiki ketidaksetaraan regional. 

Teknologi baru seperti IoT,robotika, AI, dan data besar, yang semuanya dapat mengubah pandangan masyarakat yangterus maju dalam menghadapi perubahan besar di dunia. 

Seluruh dunia saat ini berusahauntuk mewujudkan Society 5.0 sebagai era baru yang menggabungkan teknologi ini ke dalamsemua industri dan kegiatan sosial sambil mencapai pertumbuhan ekonomi dan pemecahanmasalah yang terjadi.

Nilai baru yang diciptakan melalui inovasi akan mengurangi ketidaksetaraan regional, usia,gender dan bahasa dalam society 5.0 dan memungkinkan penyediaan produk dan layananyang disesuaikan untuk kebutuhan individu. Namun, tidak mudah untuk mencapaimasyarakat seperti itu, semua lapisan masyarakat harus tahu dan cukup edukasi mengenai halini karena banyak masyarakat bahkan mahasiswa yang beranggapan dengan adanya society5.0 tenaga manusia akan digantikan sepenuhnya dengan robot. maka apa yang harus kitapersiapkan untuk hal tersebut ? masyarakat harus bisa beradaptasi dan tentu saja dalampenerapan society 5.0 pemerintah akan menyesuaikan dengan karakteristik masyarakatnyadan masyarakat diharapkan bisa mengembangkan kemampuan dalam dunia digital agar tidaktertinggal dan merasa digantikan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline