Lihat ke Halaman Asli

Kenny Nabiel

Mahasiswa Universitas Airlangga

Pentingnya Beretika dalam Menggunakan Media Sosial untuk Menghindari Terjadinya Berita Hoax dan Ujaran Kebencian

Diperbarui: 9 Juni 2022   23:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

PENDAHULUAN

Di zaman sekarang perkembangan teknologi sudah semakin canggih dengan seiringnya berjalan waktu. Yang mana semua kalangan masyarakat pun sudah mempunyai salah satu teknologi, contohnya yang paling banyak dimiliki dan dibawa setiap saat adalah handphone. di dalam teknologi ini terdapat media sosial, bahwa di kalangan dibawah umur pun sudah mempunyai media sosial. 

Media sosial ini sebagai wadah untuk seseorang mengutarakan pendapat, isi yang terdapat dalam hati, perasaan dan reaksi ketika melihat berita-berita yang baru muncul. 

Dalam berpendapat dan mengomentari berita-berita dapat dilakukan dengan berbagai platform media sosial seperti Instagram, TikTok, Facebook, LINE, YouTube, dan lain sebagainya yang mana bahwa seluruh orang yang berada di dunia ini dapat mengetahui apa yang kita komentari dan mengutarakan pendapat kita. B

ahkan media sosial dapat membuat kita untuk menjalin pertemanan, dapat berkomunikasi dengan orang yang kita tuju, dan masih banyak yang lainnya tentang hal-hal yang positif tentang media sosial ini. 

Maka dari itu ditekankan bahwa etika dalam menggunakan media sosial sangat diperlukan, karena etika yang membantu untuk mengetahui bahwa yang dilakukan merupakan perbuatan yang benar atau perbuatan yang salah. Selain dari itu bahwa setiap seseorang harus mempunyai kesadaran yang ada di dalam diri kita ketika dalam menggunakan media sosial seperti ketika kita menyalurkan pendapat dan berkomentar tentang apa yang sudah terjadi. Sehingga jika kita sudah menggunakan media sosial dengan etika yang baik maka kita bisa terhindar dari tentang berita hoax dan ujaran kebencian. 

Bahwa berita hoax dan ujaran kebencian ini dapat membuat kegaduhan dan perpecahan masyarakat yang ada di negara ini, yang mana orang-orang termakan berita-berita yang tidak benar dengan aslinya, dan sehingga orang-orang menyebarluaskan berita-berita ke seluruh kerabat, keluarga, dan lain sebagainya. 

Sebelumnya berita hoax ini bisa juga dikarenakan ada kebencian terhadap berita yang beredar saat ini, sehingga mereka membuat  berita yang tidak benar dengan yang aslinya, dan kemudian terjadilah berita hoax yang terjadi akibat adanya ujaran kebencian. 

Disini peran penting etika dalam menggunakan media sosial harus diterapkan dan digunakan, serta kesadaran dan kepintaran dalam menggunakan media sosial harus  dimiliki oleh setiap individu masing-masing. 

Media sosial mempunyai fungsi yang mempunyai peran penting bagi penggunanya. Sehingga pengguna mengetahui apa saja yang ada di dalam media sosial. Selain itu tidak lupa juga harus menerapkan etika dalam bermedia sosial dan adanya kesadaran dalam bermain media sosial. Fungsi media sosial adalah dapat menggambarkan identitas pengguna media sosial dengan isi identitas tersebut yaitu nama, jenis kelamin, usia, profesi, serta foto diri kita. 

Kemudian juga bisa digunakan untuk berkomunikasi, pembagian tentang konten yang telah dibuat oleh content creator dengan berupa video, teks, dan gambar yang konten tersebut bisa terdapat makna yang bisa dipetik dalam kehidupan dan bermanfaat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline