Lihat ke Halaman Asli

Portal Berita VIVA Belum Maksimal

Diperbarui: 17 Juni 2015   09:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Terdapat banyak portal berit online saat ini. Adapaun portal-portal berita ini sama-sama menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Saking banyaknya portal berita online, setiap portal berita harus bersaing dengan portal berita lain untuk mendapat kunjungan pembaca terbanyak. Oleh karenanya, portal berita online harus bisa tampil semenarik mungkin untuk merebut perhatian pembaca, baik dari segi tampilan maupun kontennya.

Perlu diingat audiens media online berbeda karakteristik dengan media konvensional lain. Paul Bradshaw mengemukakan tips dan trik menulis untuk media online sehingga tulisan di media online menarik bagi pembaca. Tips dan Trik ini ia singkat menjadi BASIC (Brevity, Adaptability, Scanability, Interactivity, Community and Comunication).

Berikut ini merupakan analisis BASIC salah satu  portal berita online di Indonesia:

BREVITY Artikel-artikel dalam VIVA termasuk ringkas. Rata-rata oanjang artikel 300 – 600 kata. Di mana terbagi kedalam 14-20 paragraf. Setiap paragraf teridri atas 2-3 kalimat. Artikel yang pendek akan di aca pembaca. Sbeab pembaca malas artikel yang panjan di media online, hal ini terkait daya tahan mata dalammelihat layar.Dalam penyampaian informasipun sudah to the point. Tidak berbelit-belit.

ADAPTABILITY

Dalam halaman muka (home) VIVA sudah ada konvergensi media. Jadi tidak hanya ada teks tapi juga ada gambar (baik gambar diam maupun bergerak), video, foto. Hal ini juga berlaku di artikel. Dalam artikel, jurnalis/ penulis/ kontributor artikel mampu menyampaiakan informasi yang sangat banyak dalam teks yang singkat. Akan tetapi dalam halaman artikel hanya sebatas teks dan gambar. Padahal Media yang konvergen merupakan salah satu keunikan media online. Sangat disayangkan jika tidak dimanfaatkan semaksimal mungkin.

SCANABILITY

Artikel dalam VIVA sanagt mudah untuk dilakukan scanning. Selain karena ringkas, tampilan artikel VIVA dalam bentuk potongan-potongan (chunks). Judul-judul artikelnya pun sudah mampu memberikan gambaran isi berita, seperti : “Ini Isi Surat Julie Bishop ke Menlu RI Agar Eksekusi Batal” , “Banyak Problem Perusahaan Besar Larang Pakai Android”, “PengamatKesejahteraan Jadi Alasan WNI Gabung ISIS” dll. Judul juga sangat pendek , minimal 3 kata maksimal 1 kata. Tidak lupa judul-judul artikel VIVA sangat catchy sehingga mudah ditemukan dalam Search Engine / Mesin pencari.

Pemilihan kata merupakan hal yang penting dalam artikel. Dalam media online diharapkan artikel menggunakan kata-kata ekrja aktif karena akan lebih udah dipahami. VIVA sudah melakukan itu. Rata-rata kata kerja yang digunakan bersifat aktif. Juga jarang ditemui typo atau salah ketik dalam artikel. Hal ini memudahkan pembaca dalam memahami isi artikel.

Kekurangannya, dalam beberapa artikel yang panjanganya lebih dari 400 kata tidak ada subjudul. Seperti pada “ Isi Surat Julie Bishop ke Menlu RI Agar Eksekusi Batal”. Alangkah lebih baik jika artikel tersebut diberi subjudul, sehingga memudahkan untuk di scanning.

INTERACTIVITY

Dalam beberapa artikel pembaca sudah diberi kontrol atau kekuasaan untuk memanfaatkan suatu artikel . VIVA telah menyediakankolom komentar, sharing melalui berbagai media sosial (twitter, facebook,google plus dll), ataupun sekedar menyukai (like) artikel.

Pada halaman muka atau bagian home peserta juga diajak untuk terlibat secara langsung. Ini ditandai dengan adanya pembagian section-section artikel seperti Berita, Bola, Life, Blog, Foto, Video, dll. Peserta bisa langsung klik artikel tertentu sesuai dengan keinginannnya.

1426788222570115369

Di bagian bawah artikel juga sudah ada link-link artikel terakit. Sayangnya, link-link yang dicantumkan sangat sedikit. Rata-rata hanya 3 link yang dicantumkan. Selain itu, pada bagian dalam artikel tidak ada hyperlink. Alangkah lebih baik jika ada hyperlink supaya audiens bisa langsung terkait dengan berita serupa.

VIVA juga memiliki VIVA Forum bagi pembaca-pembaca Viva yang juga ingin turut membagikan informasi dalam bentuk tulisan artikel. Member Viva forum saat ini 825.549 , dengan total post 2379.556. Seseorang yang ingin tergabung dalam Viva forum harus mendafatar terlebih dahulu.

14267886901384375744

COMMUNITY AND COMMUNICATION

VIVA sudah memberikan kolom komentar jika pembaca ingin menanggapi. Namun dalam beberapa artikel, pembaca tidak berminat untuk berkomentar. Sehingga “komunitas yang saling berkomunikasi” tersebut tidak terbentuk.

Secara garis besar, artikel-artikel yang ada di VIVA sudah memenuhi prinsip BASIC. Hanya saja perlu dimaksimalkan lagi segi Interactivity, dan Adaptability nya. Dari segi Interactivity alangkah lebih baik jika hyperlink diberikan dalam bagian tubuh artikel. Juga ditautkan lebih banyak link di bagian bawah artikel. Dari segi adaptability, lebih baik VIVA juga menambahkan audio ke dalam websitenya. Penambahan berbagai multimedia akan membuat website lebih menarik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline