Pemberitaan mengenai Telkom yang secara sepihak melakukan blunder dengan mengubah layanan Unlimited menjadi FUP 300GB serta pemutusan jaringan telepon rumah bila konsumen berhenti menjadi pelanggan Indihome terus terang sangat mengganggu dan mengusik hati nurani.
Fakta dan Logika yang ada:
- Sebelum berlangganan, konsumen sudah lama, bahkan sangat lama memakai jasa Telkom untuk telepon rumah.
- Sewaktu melakukan proses pendaftaran, pihak Telkom tidak pernah meng-informasikan mengenai akan adanya pemutusan jaringan telepon rumah bila suatu saat konsumen berhenti berlangganan indihome.
- Seharusnya pihak Telkom tidak punya hak membuat program yang secara sengaja dan sepihak bisa merugikan konsumen yang nyata-nyata sudah lama menjadi pelanggan Telkom.
- Pihak Telkom tidak pernah melakukan pemberitahuan bahwa paket Unlimited yang ditawarkan oleh Telkom akan bisa dirubah dengan semena-mena oleh pihak Telkom menjadi paket Limited dengan nama apapun, termasuk FUP 300GB dengan alasan apapun.
- Alasan yang dikemukakan pihak Telkom sehubungan hal tersebut di atas sangat kekanak-kanakan dan tidak bertanggung jawab serta terkesan seenak perutnya sendiri. Diantara alasan tersebut, menurut berita di Kompas.com adalah demi menghindari praktek re-selling layanan indihome.
Pembatasan kuota internet yang dilakukan secara sepihak oleh Telkom tentunya merupakan suatu langkah mundur bila dibandingkan dengan penyedia jasa serupa seperti First Media misalnya (atau adakah perjanjian terselubung diantara mereka?) dan sudah tentu merupakan penipuan secara terang-terangan kepada para konsumen yang celakanya mau tidak mau harus tetap memakai layanan ini karena tidak ada pilihan lain atau memilih berhenti memakai layanan Telkom dan beralih ke layanan lain. Tetapi, berhenti berlangganan indihome berarti jaringan telepon di rumah akan diputus, sungguh aneh tapi nyata.
Alasan yang dikemukakan pihak Telkom terkesan sangat dipaksakan, diantaranya adalah karena merupakan program Triple Play dari Telkom.
Pihak Telkom lupa atau pura-pura tidak ingat, sebelum berlangganan pun, jaringan kabel optik beserta modemnya sudah terpasang di rumah pelanggan, karena memang itu merupakan kewajiban pihak Telkom untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada pelanggan. Lalu hak apa yang membuat mereka bisa mencabut layanan telepon regular pelanggan bila berhenti berlangganan indihome? Kembalikan saja lagi seperti semula, gitu aja kok lemot.
Kembali kepembatasan kuota internet, alasan perubahan layanan dari Unlimited menjadi FUP 300GB demi menghindari pemakaian tidak wajar, seperti reselling layanan Indihome.