Lihat ke Halaman Asli

Puncak Dendam Dhanapati Episode-1

Diperbarui: 25 Juni 2015   05:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Di malam gelap yang masih buta, Dhanapati meninggalkan air terjun milik Padepokan Putri Harum Hutan. Luka-lukanya akibat terkena pukulan Ajian Serat Jiwa dan Jurus Waringin Sunsang belum sembuh total. Tapi dia tidak ingin lagi membahayakan dan merepotkan Kiran dan Putri Harum Hutan. Bagaimana pun yang dicari oleh Bhayangkara Biru adalah dirinya, bukan Kiran dan Putri Harum Hutan. Jika dia memutuskan tetap bersama Kiran dan Putri Harum, tentu sangat membahayakan keselamatan jiwa mereka.

Keputusan untuk meninggalkan padepokan telah disampaikan kepada Putri Harum Hutan. Awalnya, Putri Harum Hutan tidak menyetujui karena mengkhawatirkan keselamatan Dhanapati yang masih terluka. Apalagi anggota Bhayangkara Biru telah menyebar telik sandi ke berbagai penjuru Wilwatikta untuk menemukan Dhanapati. Tapi tekad Dhanapati yang sudah bulat ingin mencari Maha Guru Begawan Agastina sudah tidak bisa dibendung lagi. Maka dengan jurus Halilintar Menembus Bumi, sekali kaki Dhanapati menjejak keras ke tanah diiringi dengan sekali desahan nafasnya maka dia telah lenyap di telan gelapnya malam.

Pagi harinya Kiran kebingungan mencari Dhanapati. Dilihatnya 3 Dara masih terlelap akibat terkena Serbuk Perangsang Asmara milik para begundal dari Gunung Lawu. Meskipun mereka telah diobati oleh Dhanapati, rupanya pengaruh racunnya belum juga hilang. Kiran pun mencari Putri Harum Hutan untuk menanyakan keberadaan Dhanapati. Dilihatnya, Putri Harum Hutan masih duduk bersemedi. Sepertinya dia sedang berbicara dengan seseorang. Kiran pun menunggu, dia tidak ingin mengganggu semedi Putri Harum Hutan. Tapi perasaan was-wasnya terhadap Dhanapati akhirnya memaksa langkahnya untuk mendekati Putri Harum Hutan.

Sebagai pendekar yang tingkat kesaktiannya sangat tinggi, Putri Harum hutan tentu saja tahu kegelisahan Kiran. Dia pun perlahan membuka matanya dan menatap lembut pada Kiran.

"Ada apa Kiran, kamu tampak gelisah sekali?", tanya Putri Harum Hutan.

"Ehhmm...anu...anu...putri, Dhanapati menghilang dari padepokan!", jawab Kiran gelisah dan bingung.

"Dhanapati telah memutuskan meninggalkan padepokan ini tadi malam, dia ingin mencari Mahaguru Begawan Agastina", Putri  Harum mencoba menjelaskan pada Kiran.

Mendengar penjelasan Putri Harum Hutan, Kiran semakin gelisah dan khawatir.

"Tapi Putri, bukankah Dhanapati masih terluka parah?", tanya Kiran lagi pada Putri Harum Hutan.

"Ya, aku tahu bahkan aku sudah berusaha mencegahnya, tapi tekadnya sudah bulat. Dia ingin membalas dendam atas kematian istri, anaknya dan penduduk Desa Weru", jawab Putri Harum mencoba menenangkan Kiran.

"Sudahlah Kiran, lupakan Dhanapati hari ini kita akan ke Trowulan, Pendekar Padi Emas telah menunggu kita disana", kata Putri Harum Hutan mencoba mengalihkan kesedihan Kiran.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline