Lihat ke Halaman Asli

Implementasi Teori Belajar Behavioristik dalam Proses Pembelajaran PAK di Sekolah

Diperbarui: 19 Desember 2022   12:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK DALAM PROSES PEMEBELAJARAN PAK DI SEKOLAH

Kemryati Juleha Siburian 

IAKN Tarutung Kemryatijulehasiburian17@gmail.com

Abstract: In carrying out the learning process at school, the stimulus provided by the teacher and the response from students is one of the indicators for assessing activeness in the learning process. The purpose of writing this article is to find out how to implement behavioristic learning theory in the PAK learning process in schools. This study uses the literature study method by reviewing and collecting various references from various literature such as books, journals and other scientific articles. The result of this study is to find out that behavioristic learning theory plays an important role in the PAK learning process in schools, because the relationship between good stimulus and response between teachers and students in the learning process can provide an assessment of the teacher to what extent students can understand learning and how a teacher can create active and interesting learning so that students don't get bored easily while studying in class.

Keywords: Behavioristic learning theory, Stimulus, response, learning

Abstrak: Dalam pelaksanaan proses pembelajaran di sekolah, stimulus yang diberikan oleh guru dan respon dari siswa menjadi salah satu indikator penilaian keaktifan dalam proses pembelajaran. Adapun tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengimplementasia teori belajar behavioristik dalam Proses pembelajaran PAK di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan mengkaji dan mengumpulkan berbagai referensi dari berbagai literatur seperti buku, Jurnal dan artikel ilmiah lainnya. Hasil dari penelitian ini adalah mengetahui bahwa teori belajar behavioristik berperan penting dalam proses pembelajaran PAK di sekolah, karena hubungan antara stimulus dan respon yang baik antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran dapat memberikan penilaian kepada guru sejauhmana siswa dapat memahami pembelajaran dan bagaimana seorang guru dapat menciptkan pembelajaran yang aktif dan menarik sehingga sisiwa tidak mudah bosan saat belajar di kelas

Kata kunci: Teori belajar behavioristik, Stimulus,respon, pembelajaran

PENDAHULUAN 

Belajar dengan sungguh-sungguh merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan oleh seorang sisiwa dalam mengisi kemerdekaan. Oleh sebab itu siswa sebagai generasi penerus bangsa perlu dipersiapkan dengan berbagai modal melalui pendidikan sehingga mereka dapat berkarya di kemudian hari atau dimasa yang akan datang melalui ilmu yang mereka peroleh dari sekolah. 

Menurut Nidawati (Boiliu ,2022) belajar merupakan proses untuk mengubah tingkah laku yang baik menjadi lebih baik melalui proses latihan dan pengalaman. Pendidikan di sekolah tidak terlepas dari hubungan antara guru dan siswa. Guru berperan sebagai pendidik dan siswa berperan sebagai peserta didik. Proses belajar dan mengajar yang melibatkan antara guru dan siswa ini disebut dengan proses pembelajaran. 

Menurut (Wijoyo 2021), Pembelajaran merupakan kombinasi antara unsur-unsur manusiawi, material,fasilitas dan prosedur pelaksanaan sehingga dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dalam penerapannya, proses pembelajaran di sekolah tidak terlepas dari implementasi teori belajar behavioristik. Dimana pembelajaran di sekolah khususnya pembelajaran di kelas sangat menekankan kepada perubahan tingkah laku dan dalam proses pembelajaran ini juga diperlukan suatu stimulus dari guru dan respn dari peserta didik. Semua kegiatan tersebut dirangkum dalam suatu teori yang disebut teori belajar Behavioristik. Oleh seba itu, dalam penulisan ini akan dijelaskan pentingnya teori behavioristik dalam proses pembelajaran di sekolah. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline