Lihat ke Halaman Asli

Perpustakaan Jangan Sepi Dong..!

Diperbarui: 24 Juni 2015   00:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1395731050647861563

Masih zaman perpustakaan sepi? Pengunjung perpustakaan cuma sepuluh orang per hari. Wah, sayang dong  tuh tempatnya... Coba kita ingat-ingat lagi, kapan terakhir kali kita berkunjung ke perpustakaan. Apakah yang kita butuhkan tersedia di perpustakaan. Kalau memang ada yang mengingat bahwa terakhir kali ke perpustakaan saat masih duduk di bangku sekolah, itu artinya memang ke perpustakaan hanya saat butuh saja atau bisa jadi suatu keterpaksaan berkunjung ke sana. Entah karna tugas-tugas sekolah yang harus dikerjakan atau hanya sekedar untuk pinjam buku :((.

Tapi, tahukah kita bahwa perpustakaan saat ini jauh dari paradigma tersebut. Konsep perpustakaan era sekarang sudah seharusnya dijadikan sebagai tempat pertemuan (meeting point). Makanya, tak heran akhir-akhir ini  kita menjumpai ada konsep perpustakaan digabung dengan konsep kafe. Menarik, sambil membaca, sambil menyeruput teh tarik atau secangkir kopi hangat. Suasana seperti itu sengaja dikondisikan senyaman mungkin oleh pengelola perpustakaan agar si pengunjung betah lama-lama melakukan aktivitasnya di perpustakaan. Dengan konsep seperti ini diskusi di perpustakaan menjadi lebih menyenangkan. Di samping berperan sebagai tempat untuk berbagi pengetahuan, perpustakaan dapat menjadi agen perubahan sosial budaya dalam ruang-ruang publik, sebagaimana yang kita tahu bahwa perpustakaan memang merupakan simbol majunya suatu peradaban suatu zaman :))).

Di zaman teknologi informasi ini, kegiatan membaca sudah menjadi kegiatan komunal artinya para pengunjung perpustakaan beramai-ramai menjadikan perpustakaan sebagai tempat untuk melakukan suatu kegiatan secara bersama-sama dalam satu kelompok. Beberapa komunitas bermunculan, seperti komunitas pecinta perpustakaan, komunitas gemar membaca, komunitas berbagi pengetahuan, dan masih banyak lagi. Itu menunjukkan bahwa perpustakaan tidak lagi hanya tempat pinjam buku melainkan perpustakaan adalah tempat berbagi ilmu , tempat belajar, life-long learning. Jadi, beraktivitaslah di perpustakaan yuk.., ramai-ramai ke perpustakaan, dan ramaikan perpustakaan!

Kunjungi: www.perpustakaan.kemenkeu.go.id




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline