Lihat ke Halaman Asli

F. I. Agung Prasetyo

Desainer Grafis dan Ilustrator

Saya dan Kebun Binatang Surabaya

Diperbarui: 17 Juni 2015   23:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14113671482047664885

[Dieksekusi dari Posting Saya dan Ay Mahening di FB]*

Seberapa sering kita mengunjungi kebun binatang? Sekali setahun? Sepuluh kali setahun? Mungkin bisa jadi malah akan setiap hari jika kita menyewa lapak untuk jualan disana ^_^ atau jadi petugas yang bekerja di sana. KBS (Kebun Binatang Surabaya) yang berita kebun binatangnya terkenal karena kematian satwanya, mau tak mau harus berjibaku agar menarik pengunjung, dikarenakan di Jawa Timur saat ini ada beberapa tempat wisata yang berbasis "galeri satwa", misalnya saja yang terkenal adalah Taman Safari yang terletak di Pandaan. Salah satu lainnya adalah 'Mini Zoo' yang terintegrasi dengan Puluhan jenis kucing di Wisata Bahari Lamongan dan Gua Maharaninya. Yang lain, beberapa orang kini ada yang mempunyai koleksi satwa yang lumayan banyak di rumahnya, terlepas dari ilegal atau tidaknya. Jadi kalau di rumah terasa bagai kebun binatang, ngapain juga ke kebun binatang?

Ada guyonan di masyarakat yang sering ditemui di sekitar saya, misalnya dengan dialog berikut ini:
Si Polan    : "Arepe nang endi ning?" (Mau kemana, mbak?)
Si Polin     : "Arep Nang Bonbin cak..." (Ke kebun binatang, mas)
Si Polan    : "Lapo nang Bonbin? Madakno rupo tah?" (Ngapain ke kebun binatang? Mau mbandingin wajah ya?)
Si Polin     : "Iki lho... Ngeterno anakku ndelok karo numpak gajah... Njaluk de'e" (Ini lho... mengantar anakku melihat dan menunggang gajah, dia memintanya)

Adanya guyonan di masyarakat bahwa kalau kita ke kebun binatang hanya untuk "madakno rupo" (= membandingkan/menyamakan wajah—terutama dengan monyet) mungkin mengisyaratkan bahwa kegiatan mengunjungi kebun binatang adalah kegiatan yang 'nggak penting-penting amat'. Sepele. Hanya saja anehnya, mereka ikut berang (marah—kalau 'berang-berang' jadinya 'marah-marah' ^^) ketika ada kematian satwa yang beruntun di sana. Dasar manusia ora umum...

Bagaimanapun, memelihara hewan tidak seperti memelihara pohon yang lebih mudah. Bila jumlah pengunjung minim, tentunya juga berpengaruh dengan pendapatan yang akan digunakan untuk pemeliharaan satwa. Ketika dicoba dengan tiket gratis masuk KBS beberapa waktu lalu (dalam rangka  HUT Kota Surabaya), ternyata antusiasme pengunjung sangat membludak dan menyebabkan beberapa area jalan protokol terpaksa digunakan untuk area parkir untuk kendaraan yang meluber (banyak pula yang berasal dari luar kota Surabaya). Ternyata mereka suka wisata yang gratisan. Atau mungkin, jatah uang mereka habis untuk keperluan lain, sehingga tak ada jatah untuk liburan. Alhasil, mungkin sebagian dari mereka menunggu ada kesempatan 'gratis berwisata' kebun binatang berikutnya ^_^.

[caption id="attachment_325014" align="aligncenter" width="420" caption="Iguana Koleksi Mini Zoo, Lamongan-Jawa Timur"][/caption]

[caption id="attachment_325015" align="aligncenter" width="420" caption="Satu dari sekian banyak serangga awetan di Wisata Bahari Lamongan"]

14113672441419679219

[/caption]

Ada pula warga Surabaya dan sekitarnya yang akan merasa lebih 'modern' atau 'bergengsi' bila pernah ke Taman Safari atau taman satwa yang lain ketimbang ke KBS. Secara pribadi, saya memang merasakan hal baru ketika sempat berkunjung Mini Zoo di Lamongan dibanding KBS. Ini adalah masalah variasi penataan dan rute yang harus ditempuh pengunjung untuk melihat beberapa koleksi hewan. Kontur sekitar Mini Zoo yang berbukit/naik-turun mungkin menawarkan hal yang lain meski saya merasakan capek berkeliling dibandingkan dengan berkeliling di kontur "tanah datar" di KBS (ini karena saya suka berkeliling di kontur lahan yang naik turun berbukit-bukit). Ada tempat dimana pengunjung dapat melihat hewan dari atas di KBS, seperti kolam yang dulunya berisi ikan duyung tapi entah kini kosong, yang mestinya bisa diganti ikan/mamalia air lain.

Tapi penasaran juga, apa agenda saya ke kebun binatang?
Kebun binatang akan menjadi acuan pertama untuk anak TK atau anak sekolah di jenjang lain di Surabaya yang ingin mempelajari dan melihat tingkah polah satwa. Mereka bisa melihat satu satwa di depannya sepuasnya (bisa sampai Kebun Binatangnya tutup ^_^) sampai ke detilnya. Lain halnya jika di Taman Safari yang mengharuskan kendaraan berjalan. Saya kebetulan bertemu dengan serombongan anak-anak TK ini (beserta gurunya dong) yang lalu sibuk mengerumuni saya yang sibuk melenturkan jari-jari menggambar sepasang burung. Bagaimanapun, kekakuan muncul di tangan bila lama tidak corat-coret sesuatu, jadi saat itu saya terpikir untuk mengunjungi kebun binatang saja. Anak-anak mungil yang lucu-lucu ini tak menyadari waktu mereka mengerumuni saya ini mereka menghalangi pandangan saya untuk menggambar burung di sangkarnya. Ketika itu saya mengambil tempat yang rendah di tempat yang agak jauh yang saya harap bebas dari gangguan orang yang lalu-lalang, namun posisi anak-anak TK ini membelakangi sangkar. Nggak sampai hati saja untuk membuat mereka menjauh walau secara halus. Yah, cuman ngomong, "Ibu gurunya nunggu lho dik"... sambil senyum jaim ke anak-anak TK dan melirik gurunya yang berjilbab mengamati anak-anak asuhnya dari jarak 10 meteran. Sambil berharap juga si burung tak ganti posisi. Namun anak TK ini malah menganggap saya bukan orang asing bagi mereka (mengingat nasihat ibu saya waktu kecil supaya hati-hati dengan orang asing).

[caption id="attachment_325013" align="aligncenter" width="420" caption="Kadal Komodo dan Burung Julang Emas, hasil coret-coret saya ^^"]

1411366813796453241

[/caption]

Mereka lalu tanya sambil cekikikan dan lenggak-lenggok kaki, "Nggambar yang itu ya?"
Saya jawab saja, "Iya... nanti di sekolah nggambar burung itu ya dik..." Mereka pun senyum malu-malu khas anak-anak TK. Sekian waktu berikutnya, mereka masih bertahan mengerubung dan mengamati gambar saya sambil sesekali melihat saya yang tentunya susah untuk mengambil sisi detil dari burung itu. Saya pikir, karena yang saya lakukan sedikit berhubungan dengan keseharian mereka yang juga sering corat-coret di kelas, mungkin mereka melihat gambar saya sebagai acuan untuk cara gambar mereka sendiri pula nantinya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline