Lihat ke Halaman Asli

Penyebab Munculnya Aktivitas Mindless Scrolling

Diperbarui: 28 Juli 2024   17:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Instagram, Mindless Scrolling | Kemal Widi Wijaya

MINDLESS SCROLLING

Lir menggulir layar lir!

Ok Best, Pernahkan kalian mendengar kata Mindless Scrolling. Karena dalam artikel sekarang, akan dijelaskan apa itu Mindless Scrolling dan bagaimana kemunculannya. Karena dalam aktivitas ini ada kaitannya dengan jari jemari dan ponsel yang kita miliki. Aktivitas yang mudah, ringan nan enteng, kemudian juga suatu hal yang sering kita lakukan setiap waktu, bahkan sampai lupa waktu. 

Mindless Scrolling sendiri merupakan sebuah aktivitas  pengguliran yang tidak ada gunanya. Atau kalau kita definisikan, menjadi “ suatu aktivitas gulir menggulir layar ponsel atau gadget secara terus-menerus tanpa mendapatkan manfaat dan hasil yang didapat “.

Ponsel sendiri merupakan perangkat atau item yang sering digunakan oleh kebanyakan orang diseluruh dunia. Dimulai dari penemu pertamanya yaitu Martin cooper pada tahun 1974, hingga sampai di abad 21 sekarang, perkembangan ponsel sendiri terus mengalami kemajuan dengan menampilkan kecanggihan dan perkembangan teknologi yang disuguhkan oleh perangkat tersebut. Sehingga menjadikan perangkat ini seperti magnet berdaya tarik kuat untuk tangan - tangan penggunanya disetiap waktu.

Namun disisi lain, kemunculan dan keberadaan ponsel tidak serta Merta memberikan dampak yang positif dalam setiap lini penggunaannya. Ada sisi gelap dari ponsel itu sendiri yang terkadang kita sebagai sang penggunanya memunculkan hal tersebut seperti contohnya Mindless scrolling yang akan kita bahas sekarang. 

Mindless scrolling sendiri seolah menjadi sebuah wabah yang mampu menjangkit setiap penggunanya ketika sedang menggunakan ponsel. Dan semua itu diakibatkan karena kurangnya kontrol atau intensi, sehingga Mendorong mudahnya seseorang untuk masuk dan terperangkap dalam kegiatan mindless scrolling tersebut. Sampai berada pada tahap ketidakadaan tujuan, perhatian khusus hingga sampai lupa waktu dalam aktivitas menggulir layar.

Kemudian juga kemunculannya bisa dimulai dari hal - hal kecil. Entah secara sadar dan batas wajar yang diterapkan, Seperti niatan hanya untuk sekedar beristirahat dari lelahnya dunia nyata, mencari hiburan atau berkeinginan untuk tidak berpikir keras sesekali waktu dengan disuguhkannya berbagai macam konten yang ditampilkan. 

Dan Berikut ini ada beberapa penjelasan tentang bagaimana aktivitas mindless scrolling itu muncul, diantaranya :

1. Desain Aplikasi yang Adiktif

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline