Lihat ke Halaman Asli

Kemall Ghifari

Hari-hari pusing

Mahasiswa FKIP PBSI UHAMKA Menyelenggarakan KKN di Desa Ciburayut Kabupaten Bogor

Diperbarui: 27 Februari 2022   17:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Bogor - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta, progran studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia melakukan kegiatan KKN di desa Ciburayut, Kab. Bogor yang diselenggarakan pada 20 Januari hingga 24 Februari. Tujuan dari mahasiswa Uhamka menyelenggarakan KKN ini sebagai salah satu usaha mahasiswa dalam mengabdikan dirinya kepada masyarakat lingkungan sekitar.

Tema dari program KKN ini yaitu "Penguatan Karakter Berbasis Literasi Budaya Lokal Untuk Cigombong yang Berkemajuan". KKN ini memfokuskan di bidang pendidikan, yang tujuannya menggerakan budaya literasi pada lingkungan sekitar, adapun di luar dari kegiatan literasi yaitu kegiatan mengajar anak-anak sekolah dasar khusus nya pada kelas 4, 5, dan 6. Oleh sebab itu mahasiswa sangat berperan penting dalam menyelenggarakan kegiatan KKN ini.

Kegiatan KKN ini dilakukan vsecara offline atau langsung dengan syarat mahasiswa sudah mengikuti protokol kesehatan dan sudah mengikuti rangkain tes swab, serta kelas belajar pun harus di bagi menjadi dua sesi, guna menghindari kerumuman dan btetap menjaga protokol kesehatan. Harapan dari kegiatan KKN ini ialah agar mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini mengembangkan potensi diri di luar dari program studi dan peserta didik tingkat SD ini terbantu dengan apa yang telah di ajarkan yaitu mulai dari membahas apa yang sudah mereka pelajari di sekolah dan di sertai dengan games atau menyanyi bersama. Tidak lupa disertai dengan kegiatan di luar akademik yaitu menggambar dan mewarnai.

Kegiatan belajar ini dilakukan di tempat madrasah atau tempat biasa anak-anak atau warga sekitar mengaji. Anak -- anak sekitar sangat antusias dalam melaksanakan kegiatan tersebut, bajkan anak-anak kecil pun yang berusia sekitar 6 tahun dan masih kelas PAUD pun mengikutinya . kegiatan yang dilakukan mahasiswa selama 1 bulan menghasilkan hal positif dan pengalaman positif tersendiri yaitu seperti mengembangkan kemapuan mahasiswa di luar bidang studi yang di ampuh, mengembangkan minat belajar anak-anak sekitar denga metode belajar yang menyenangkan, serta menumbuhkan rasa kekeluargaan antara mahasiswa, anak-anak, dan masyarakat ssekitar desa Ciburayut.

Dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline