Saat ini pendidik untuk anak usia dini berkebutuhan khusus di Indonesia masih sangat amat dibutuhkan terutama pada sekolah-sekolah inklusi. Kebanyakan sekolah inklusi di Indonesia saat ini belum memiliki guru khusus juga kurikulum yang berdiferensiasi untuk anak berkebutuhan khusus di sekolah tersebut.
Anak berkebutuhan khusus cenderung dibiarkan beraktivitas bebas dan jarang dilibatkan dalam aktivitas pembelajaran , hal tersebut dikarenakan pendidik belum memiliki latar belakang ataupun pemahaman mengenai hal itu. Oleh karena itu dibutuhkannya Shadow Teacher yang profesional untuk membantu memajukan pendidikan anak-anak berkebutuhan khusus di Indonesia.
Pendidikan inklusif merupakan pendidikan yang memberikan kesempatan belajar atau mendapatkan pendidikan yang sama kepada peserta didik dengan disabilitas maupun peserta didik reguler. Model kelas inklusi yaitu:
Kelas Reguler Penuh
Kelas Reguler Pullout
Kelas Reguler dengan Cluster
Kelas Reguler dengan Cluster dan Pullout
Kelas Reguler Penuh
Apa itu shadow teacher?
Shadow teacher merupakan seorang guru yang mempunyai tugas khusus untuk membantu pembelajaran anak-anak dengan disabilitas atau berkebutuhan khusus. Shadow teacher bertugas membuat rancangan pembelajaran alternatif dan kurikulum khusus untuk anak berkebutuhan khusus. Sementara Profesionalisme merupakan sikap mental yang diwujudkan dalam bentuk integritas dari seseorang yang memiliki jabatan. Profesionalisme seorang guru dapat dilihat dari 4 kompetensi berikut yaitu
kompetensi pedagogik, merupakan kemampuan dimana seorang guru mampu mengelola pembelajaran, evaluasi pembelajaran,