Lihat ke Halaman Asli

KEMAL ARKAN IMRON

Mahasiswa Universitas Mercubuana

Cara Memahami Komunikasi dengan Pendekatan Semiotika

Diperbarui: 4 April 2023   21:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Charles Sanders Pierce | Sumber: britannica.com

Pengertian Komunikasi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), definisi komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami. Selain itu, kata "komunikasi" berasal dari bahasa Latin, "communicatus", yang artinya berbagi atau menjadi milik bersama, mengacu pada upaya yang bertujuan untuk mencapai kebersamaan.

Menurut Harold Lasswell, seorang ilmuwan politik dan pencetus teori komunikasi, komunikasi adalah suatu proses menjelaskan siapa yang mengatakan apa dengan saluran apa kepada siapa dan dengan efek apa. Sedangkan menurut Webster New Collegiate Dictionary, komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi antara individu melalui sistem lambang, tanda, atau tingkah laku.

Menurut beberapa ahli, definisi komunikasi dapat didefinisikan sebagai proses transmisi informasi, gagasan, emosi, keterampilan, dan sebagainya, menggunakan simbol-simbol seperti kata-kata, gambar, figur, grafik, dan sejenisnya. Definisi ini dikemukakan oleh Bernard Berelson dan Gary A. Steiner. Sementara itu, Theodore M. Newcomb menyatakan bahwa setiap tindakan komunikasi adalah suatu transmisi informasi yang terdiri dari rangsangan diskriminatif, dari sumber kepada penerima. 

Definisi lainnya datang dari Carl I. Hovland yang mengatakan bahwa komunikasi adalah proses yang memungkinkan komunikator untuk menyampaikan rangsangan verbal dan mengubah perilaku komunikan. Gerald R. Miller juga berpendapat bahwa komunikasi terjadi ketika sumber menyampaikan pesan dengan niat yang disadari untuk memengaruhi perilaku penerima. 

Menurut Everett M. Roger, komunikasi adalah proses di mana ide dialihkan dari sumber kepada satu atau lebih penerima dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka. Sementara itu, Raymond S. Ross mengungkapkan bahwa komunikasi adalah proses menyortir, memilih, dan mengirimkan simbol-simbol dengan tujuan membantu pendengar memahami makna atau respons yang serupa dengan yang dimaksud oleh komunikator.

Secara umum, komunikasi dapat diartikan sebagai proses pemindahan pesan dari komunikator kepada penerima/komunikan secara langsung atau melalui saluran dalam rangka mengubah atau memengaruhi perilaku mereka.

Apa itu Semiotika

Semiotika merupakan kajian yang telah menjadi tradisi dalam teori komunikasi, dan bertujuan untuk menggali makna-makna dalam sebuah tanda atau pesan. Melalui analisis semiotik, dapat diketahui bagaimana komunikator mengkonstruksi pesan dan menyampaikannya kepada penerima. Oleh karena itu, semiotik memiliki peran yang penting dalam memahami dan menganalisis proses komunikasi dalam berbagai aspek kehidupan manusia.

Semiotik adalah studi tentang tanda-tanda dan makna yang terkandung di dalamnya. Dalam konteks yang lebih luas, semiotik bisa diartikan sebagai ilmu yang mempelajari bagaimana manusia memahami dunia di sekitarnya melalui tanda-tanda yang ada di dalamnya.

Berikut adalah pengertian semiotika menurut ahli:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline