Lihat ke Halaman Asli

Kemahasiswaan InterStudi

Berita Terkini - Kemahasiswaan STIKOM Inter Studi

Penyebarluasan Edukasi Broadcasting dan Audio Visual bersama InterStudi Goes To School

Diperbarui: 13 September 2023   18:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Jakarta, Sebagai institusi pendidikan yang bergerak di bidang komunikasi, STIKOM InterStudi telah membina seluruh organisasi mahasiswa untuk memberikan edukasi tentang komunikasi sebagai wujud mendukung dan menjaga nama baik kampus kapanpun dan dimanapun. Seperti yang dilakukan Himpunan Mahasiswa Broadcasting (HIMA BC) dan Unit Kegiatan Mahasiswa Intervoice yang telah melakukan program kerja kolaborasi berjudul "Inscho" atau "InterStudi Goes To School", Kamis (7/9).

InterStudi Goes To School atau Inscho merupakan kegiatan yang berkonsep untuk memaparkan edukasi mengenai Penyiaran bagi siswa/i Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sederajat. Kegiatan Inscho ini dilakukan di SMK Letris Indonesia I, Tangerang, Banten. Tidak hanya, pemaparan materi, kegiatan Inscho juga menyediakan beberapa games yang mampu mengasah kemampuan serta cara berpikir.

Kepala Bidang Kemahasiswaan dan Alumni STIKOM InterStudi, Ibu Setiyo Hayati, S.I.Kom., M.I.Kom turut menghadiri dan memberikan sambutannya, serta mengikuti seluruh rangkaian kegiatan sosialisasi materi mengenai broadcasting, audio visual, serta kegiatan games.

Dalam sambutannya, Setiyo mengharapkan agar kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar serta siswa/i SMK Letris Indonesia I bisa mendapatkan banyak pengetahuan dan keterampilan yang baru.

Kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan para siswa dan siswi tentang ilmu dan teknik komunikasi, penyiaran, dengan semakin berkembangnya teknologi saat ini. Selain itu, dengan kegiatan ini, siswa/i mampu berpikir kreatif dan mengedukasi tentang apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum memasuki Perguruan tinggi, serta menjadi kesempatan bagi Organisasi Mahasiswa STIKOM InterStudi membangun kerjasama dalam penyelenggaraan program kerja  dan sebagai wujud mempromosikan kampus. tambahnya.

Ambil semua ilmu dan pelajaran yang diberikan oleh oleh kakak-kakak yang ada disini, cari pengalamannya dan rasakan manfaatnya selama kegiatan ini berlangsung, tegasnya Setiyo.

Terdapat 2 (dua) tema materi yang akan diberikan kepada siswa yakni materi mengenai Audio Visual in Announcing dan Behind The Scene of Broadcasting. Dalam pemaparan materi mengenai Audio Visual in Announcing menjelaskan bahwa audio visual merupakan gabungan elemen -- elemen suara dan gambar untuk menyampaikan pesan, informasi, atau hiburan kepada audiens. Audio visual juga merupakan alat komunikasi yang sangat penting dalam berbagai konteks, seperti presentasi bisnis, produksi film, televisi, dan bahkan dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak hanya itu, HIMA BC dan UKM Intervoice juga menjelaskan bentuk dan cara penyampaianpesan secara lisan atau announcing kepada audiens, seperti saat berbicara di depan umum, pengumuman acara, komentar dalam pertandingan olahraga, dan lain sebagainya. Selain itu, mereka juga memaparkan beberapa pengertian teknik dan kemampuan yang perlu dimiliki seseorang ketika sedang melakukan Announcing, seperti intonasi dan pengucapan, kemampuan improvisasi, serta pengetahuan tentang subyek.

Pemaparan materi yang kedua mengenai Behind The Scene of Broadcasting menjelaskan tentang Broadcasting yaitu proses penyiaran informasi, pesan, atau konten multimedia kepada khalayak luas melalui berbagai saluran komunikasi. HIMA BC menjelaskan bahwa dalam Broadcasting diperlukan sebuah perencanaan dan konseptualisasi yang menjadi fondasi setiap konten broadcasting yang sukses. Tidak hanya itu, dipaparkan penjelasan terkait ide-ide awal, pengembangan ide, dan proses produksi yaitu pra produksi, produksi, dan pasca produksi.  

Keseruan dalam pemaparan materi yang disampaikan oleh HIMA BC dan UKM Intervoice mengenai ilmu Penyiaran, dilanjutkan dengan sesi Games bersama para siswa/i yaitu tanya dan jawab. Interaksi yang dibangun oleh panitia mahasiswa dan siswa memberikan kesan yang menyenangkan sehingga para siswa/i tidak malu untuk menjawab dan belajar.

Banyak dari para siswa dan siswi SMK Letris Indonesia I yang berhasil menjawab beberapa pertanyaan yang diberikan, serta tingkat keberanian untuk mencoba dari para siswa pun ternilai tinggi. Suasana kegiatan Games tersebut menjadi riang dan seru!

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline