Lihat ke Halaman Asli

Kelompok KKN 52 Mengunjungi UMKM Desa Tawangsari Pujon Memproduksi Jamu Tradisional untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh

Diperbarui: 16 September 2021   23:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saat ini, kita sedang menghadapi pandemi COVID-19 yang belum bisa dipastikan kapan akan berakhir, yang mengharuskan setiap orang untuk selalu menjaga kebersihan diri. Tidak saja dengan menjaga kebersihan, tubuh juga harus memiliki imunitas atau kekebalan tubuh yang baik.

Menurut sebuah penelitian yang dilansir health.grid .id tanggal 20 April 2020, jika tubuh memiliki imunitas atau kekebalan tubuh yang baik, maka tidak akan mudah untuk terpapar virus COVID 19

Banyak sekali cara untuk menjaga imunitas dan kekebalan tubuh salah satunya rutin berolahraga, mengkonsumsi banyak makanan bergizi seperti buah dan sayur, dan juga vitamin atau suplemen. Dan saat ini juga banyak para masyarakat yang mengkonsumsi jamu tradisional yang terdiri dari bahan-bahan alami. Selain untuk meningkatkan imunitas tubuh,jamu juga dapat membersihkan racun dari  tubuh.

Peduli terhadap kesehatan warga masyarakat supaya bisa tetap menjaga imunitas tubuh, mahasiswa KKN Kelompok 52 Unisma yang melaksanakan KKN di DesaTawangsari Kecamatan Pujon mengadakan kunjungan ke salah satu pelaku UMKM Jamu di Desa Tawangsari untuk mencoba membuat jamu tradisional yang setelahnya untuk diperjua lbelikan.

Menurut ibu ifa yang juga tuan rumah dan pemilik dari jamu tradisional tersebut,"Pembuatan jamu tradisional ini dilakukan dengan mencampurkan bahan-bahan herbal alami yaitu kunyit, temulawak, gula merah, asam jawa, kencur, beras yang sudah di haluskan, jahe,dan air. Salah satu manfaat bahan herbal yang terkandung adalah untuk tetap menjaga imunitas tubuh"terang Bu Ifa

Selain memiliki banyak manfaat, jamu tradisional yang memiliki cita rasa yang khas ini pembuatannya juga tergolong cukup mudah. Hanya perlu menghaluskan semua bahan yang sudah di kupas semua, lalu kemudian disaring dan diletakkan ke wadah yang telah disediakan, dan di campur dengan gula dan air matang.Cukup mudah, sehingga bisa dibuat sendiri di rumah oleh para ibu-ibu rumah tangga.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline