Jakarta, 2022
Sebagai bentuk perwujudan dan pengamalan Tri dharma, yang terdiri dari Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat sebagai poin penting dalam mewujudkan visi dari Perguruan Tinggi dengan poin Pengabdian Kepada Masyarakat. Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka mengadakan mata kuliah Pengabdian Kepada Masyarakat atau yang biasa disingkat PKM untuk seluruh mahasiswanya. Dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis untuk tahun ini sudah mengadakan mata kuliah tersebut sebagai sasarannya yaitu mahasiswa semester genap. Maka dari itu tim mata kuliah PKM telah membentuk kelompok yang nantinya akan melakukan pengabdian ke sekolah-sekolah SMA. Satu kelompok terdiri dari berbagai prodi yaitu prodi S1 Manajemen, S1 Akuntansi, S1 Ekonomi Islam, D3 Akuntansi, dan D3 Perpajakan. Saya bersama ketiga belas teman yang lainnya tergabung kedalam kelompok PKM 27 serta didampingi oleh satu dosen pendamping yang juga merupakan dosen di FEB UHAMKA, yaitu Ibu Mila Indriastuti S.E., M.Si.
Pengabdian yang kami lakukan adalah berkunjung ke dua sekolah untuk menyampaikan ilmu yang bermanfaat kepada teman-teman yang berada di tingkat sekolah menengah melalui seminar dan workshop. Salah satu sekolah yang kami datangi adalah SMK Negeri 51 Jakarta. Acara yang dilaksanakan ke SMK Negeri 51 Jakarta berbentuk workshop dengan topik pembahasan “Digital Merketing dan Literasi Akuntansi”. Kegiatan ini dilaksanakan pada Hari Kamis, 23 Juni 2022 didampingi langsung oleh Ibu Mila Indriastuti S.E,.M.Si selaku dosen pembimbing kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Kelompok 27 FEB UHAMKA, dihadiri oleh Wakil Kepala SMK Negeri 51 Jakarta Ibu Rozaniwati, serta teman-teman dari jurusan Akuntansi Keuangan Lembaga yang berjumlah 32 orang.
Materi pertama pada kegiatan workshop ini diisi oleh Bapak Deni Adha Akbari S.E, M.Si dengan pembahasan Digital Marketing. Materi pertama ini dilakukan secara hybrid dimana siswa dan siswi SMKN 51 Jakarta berada dalam satu ruangan yang sudah disediakan oleh sekolah, sementara pemateri melalui zoom meeting. Walaupun dilakukan secara hybrid materi pertama dapat tersampaikan dengan baik, dan teman-teman peserta juga aktif dalam mengikuti materi pertama ini. Selanjutnya masuk kemateri kedua yang diisi oleh Ibu Mila Indriastuti S.E,.M.Si dengan pembahasan Literasi Akuntansi .
Dari penyampaian materi pertama yaitu Digital Marketing kita bisa tahu bahwa di zaman sekarang ini dalam melakukan marketing tidak hanya melalui media cetak atau memasang iklan di baliho saja. Dizaman modern dengan teknologi yang berkembang pesat dapat kita manfaatkan dengan melakukan marketing secara digital, yaitu mempromosikan produk melalui sosial media seperti instagram, youtube, dan lain-lain. Dengan adanya digital marketing tentu saja memiliki dampak yang cukup baik bagi produsen maupun konsumen, mulai dari informasi yang dapat tersebar dengan cepat, mengurangi biaya pemasaran, meluasnya jangkauan pasar, dan masih banyak lagi. Dalam membuat digital marketing yang dibutuhkan adalah kreativitas dalam membuat desain agar pamphlet atau iklan yang kita buat dapat menarik perhatian konsumen. Kemudian pada penyampaian materi kedua yaitu Literasi Akuntansi kita bisa tahu bahwa literasi akuntansi didalamnya termasuk keterampilan seseorang dalam memahami dan menggunakan pengetahuan kuangan untuk membuat sebuah keputusan yang baik dan bijak. Literasi akuntansi sangat penting untuk mencapai berbagai tujuan keuangan dalam aktivitas perusahaan maupun kehidupan seseorang. Kemudian literasi keuangan merupakan serangkaian proses yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat agar dapat mengelola keuangan dengan lebih baik. Dengan sadarnya masyaraakat terhadap literasi akuntasi ataupun literasi keuangan membuat meningkatnya jumlah pengguna produk dan layanan jasa keuangan, terhindar dari kegiatan investasi yang tidak jelas, dan juga literasi keuangan memberikan manfaat yang besar bagi sektor keuangan, dimana lembaga keuangan dan masyarakat saling membutuhkan satu sama lain.
Dengan direalisasikan kegiatan workshop yang membahas tentang “Digital Merketing dan Literasi Akuntansi” kami mengharapkan teman-teman peserta, penulis, dan juga pembaca dapat memahami, terbuka dan mau belajar lebih dalam lagi mengenai Digital Marketing dan juga Literasi Akuntansi.
Penulis : Haidra Jihan Azzahra, Anggi Saputri, dan teman-teman kelompok PKM 27 FEB UHAMKA
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H