Lihat ke Halaman Asli

Kelompok 98

KKN Tematik Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) UPN "VETERAN" JAWA TIMUR Kelompok 98 Desa Kebondalem

Meningkatkan Penjualan dengan Cara Branding dan Kesadaran Perizinan Usaha

Diperbarui: 16 Juni 2022   12:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Para pelaku UMKM di Kecamatan Bareng bersama Camat Bareng, pembicara, DPL, dan PIC/dokpri

Mahasiswa KKNT-MBKM Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur bekerjasama dengan pemerintah kecamatan Bareng mengadakan seminar bertema "Optimalisasi Pemasaran Bagi UMKM Kecamatan Bareng". Terdapat 5 kelompok yang tergabung dalam pelaksanaan seminar ini, yaitu kelompok 96,97,98,99 dan 100.

Suasana saat seminar berlangsung/dokpri

Seminar dilaksanakan pada tanggal 11 Juni 2022 di pendopo kecamatan Bareng. Sasaran seminar ialah pelaku UMKM yang berasal dari lima desa di Kecamatan Bareng dengan pembahasan branding produk dan pembuatan PIRT. Tujuan diadakannya seminar ini agar para pelaku UMKM semakin berkembang dengan adanya edukasi branding, serta memiliki izin edar secara resmi dari pemerintah. 

Camat bareng bersama pembicara dan DPL Kelompok Bareng/dokpri

Kegiatan seminar langsung mengundang pihak yang bersangkutan, yaitu Ibu Mecca Puspitaningsari sebagai Bendahara Forum Industri Kecil Menengah Jombang dan ibu Fitri Marchamah sebagai Seksi Kefarmasian, Alkes & Pembekalan Kesehatan RT Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang. Selain itu, seminar dihadiri oleh Camat Bareng, Sekretaris Camat Bareng, dan  Ibu Kusuma Wardhani Mas'udah. S.Si., M.Si selaku Dosen Pendamping Lapang.


Ibu Mecca selaku pembicara pertama/dokpri

Selama seminar berlangsung ibu Mecca selaku pemateri pertama menjelaskan pentingnya me-rebranding produk pelaku usaha.
Berdasarkan pengalaman beliau kemasan produk sangat berpengaruh pada permintaan konsumen. Sebagai contoh, anak muda akan lebih tertarik membeli kopi kenangan daripada kopi di warung jalanan karena kemasan yang bagus serta namanya yang unik dan keren. 

Seorang pengusaha juga harus memperhatikan lingkungan target pasar. Sebagai contoh, agar produk disenangi oleh kaum muda maka pengusaha harus memerhatikan rasa yang sedang digemari anak muda jaman sekarang dan terdengar unik seperti rasa greentea, matcha, tiramisu, dan lainnya.

Ibu Fitri selaku pembicara kedua/dokpri


Pada pembahasan kedua, Ibu Fitri menjelaskan terkait pentingnya pelaku UMKM untuk meresmikan produk usahanya pada pemerintah. Selain itu, Ibu Fitri juga menjelaskan terkait persyaratan dan tahapan bagi pelaku usaha yang akan membuat NIB dan PIRT. NIB merupakan nomor induk berusaha yang dapat dimiliki melalui laman OSS. Sedangkan, PIRT merupakan perijinan tertulis yang diberikan oleh pihak dinas yang berwenang terhadap hasil produk industri rumah tangga.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline