Lihat ke Halaman Asli

Kelompok 98

KKN Tematik Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) UPN "VETERAN" JAWA TIMUR Kelompok 98 Desa Kebondalem

Terobosan Baru, Tanamkan Literasi Sejak Dini Melalui Posyandu dan Pojok Baca

Diperbarui: 16 Juni 2022   10:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa KKNT 98 mengajak balita Dusun Plosorejo mengenal literasi sejak dini (Dokpri)

Rabu (08-06-2022), Kelompok 98 KKNT-MBKM UPNVJT melaksanaan kegiatan pojok baca untuk pertama kalinya. Pelaksanaan pojok baca ini bertepatan dengan adanya posyandu di Dusun Plosorejo. Pojok baca dilaksanakan kurang lebih selama dua jam, dari pukul 08.00 WIB hingga 10.00 WIB.

Adanya pojok baca bertujuan sebagai tempat belajar dan bermain bagi anak-anak, salah satunya berkolaborasi dengan kegiatan posyandu. Oleh karena itu, pojok baca yang pertama dilaksanakan bersamaan dengan posyandu. Pojok baca menjadi tempat yang menyenangkan bagi balita yang telah selesai melakukan kegiatan posyandu.

Kegiatan yang dilakukan ialah mengajak dan menemani balita bermain sambil belajar. Terdapat beberapa permainan yang telah tersedia di pojok baca agar balita tidak merasa bosan dan takut ketika di posyandu. Selain bermain, para balita juga diajak untuk belajar bersama.

Mahasiswa KKNT 98 bersama dengan Ibu Kepala Desa Kebondalem mengajak balita bermain dan belajar bersama (Dokpri)

Kegiatan belajar dilakukan dengan cara menebak warna benda, menyebutkan nama hewan, buah dan lain-lain.Tidak hanya itu, mahasiswa kelompok 98 juga membacakan dongeng kepada para balita menggunakan buku yang telah tersedia di pojok baca.

Pojok baca berjalan lancar, hal ini terlihat dari antusias balita yang bermain. Terbukti dari para balita tidak mau diajak pulang oleh orang tuanya dan memilih terus bermain di pojok baca.

Kelompok 98 berharap agar pojok baca dapat terus berjalan lancar dan menjadikan posyandu sebagai tempat yang menyenangkan bagi para balita.

Penulis :Zahra Amalia
Editor : Nanda Defi Anita & Isnin Yulia A. R.
DPL :  Kusuma Wardhani Mas'udah. S.Si., M.Si
PIC : Eka Restu Justitian




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline