Lihat ke Halaman Asli

Kelompok 98

KKN Tematik Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) UPN "VETERAN" JAWA TIMUR Kelompok 98 Desa Kebondalem

Kelompok 98 KKNT-MBKM UPNVJT Melakukan Kunjungan UMKM Keripik di Desa Kebondalem

Diperbarui: 15 April 2022   11:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa kelompok 98 KKNT-MBKM  foto bersama dengan pemilik UMKM "Kripik Madam" | Dokpri Kelompok 98

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik Merdeka Belajar Kampus Merdeka (KKNT-MBKM) UPN "Veteran" Jawa Timur melakukan kunjungan Usaha Mikro Kecil & Menengah (UMKM) keripik di Desa Kebondalem, Jombang.

Tujuan kunjungan ini untuk mengetahui proses pembuatan produk-produk dari UMKM keripik, sebagai bentuk pertimbangan pemberian inovasi produk. Kunjungan dilakukan di dua Dusun yaitu Plosorejo dan Bulusari pada hari Senin (11/04).

UMKM keripik pertama berada di Dusun Plosorejo yakni Kripik Madam dengan varian produk yang diproduksi ialah keripik pisang, talas, ubi ungu, jelarut, singkong, dan keripik gadung.

Rasa kripiknya yang gurih, manis, dan tahan lama serta penggunaan minyak yang berkualitas menjadikan produk Kripik Madam banyak memperoleh pesanan.

“Untuk proses penggorengannya sendiri menggunakan minyak Sunco atau Fortune agar produknya awet dan tahan lebih lama dibandingkan dengan memakai minyak curah” Ujar Bapak Pur selaku suami dari Ibu Anik. Kripik Madam milik Ibu Anik ini memiliki produk unggulan yaitu varian kripik talas.

Kelompok 98 melihat proses pembuatan keripik di dapur produksi UMKM "Kripik Madam" | Dokpri Kelompok 98

UMKM keripik kedua yakni milik Ibu Sri Utami dengan merek Keripik Restu di Dusun Bulusari. Produk keripik yang diproduksi yakni varian keripik pisang, talas, dan keripik singkong. 

Salah satu produk keripik Restu yang banyak diminati oleh konsumen ialah keripik pisang dengan rasa gurih manis, serta keripik talas berbentuk stik. Penggorengan keripik sekali produksi menghabiskan minyak sebanyak 10-12 kg dan meningkat di bulan Ramadhan sebanyak 20 kg.

proses penggorengan kripik pisang di dapur produksi UMKM "Restu" | Dokpri Kelompok 98

Penulis : Agung Rahmawan Gading

Editor : Nanda Defi Anita & Muhammad Radif Ashabi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline