Lihat ke Halaman Asli

Potret Filantropi Islam dalam Lembaga Perbankan Syariah dan Auditing Syariah

Diperbarui: 23 Oktober 2022   19:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Potre

Filantropi islam

Filatropi islam terdapat beberapa lembaga -- lembaga seperti amil zakat, infaq, sedekah, dan wakaf sehingga di Indonesia sangat berkembang pesat. Di antara lembaga zakat paling dominan pada masyarakat adalah masjid. Filantropi islam ? Secara etimologis, makna filantropi (philanthropy) adalah kedermawanan, kemurahatian, atau sumbangan sosial, sesuatu yang menunjukkan cinta kepada manusia. Istilah ini berasal dari bahasa Yunani, yaitu philos (cinta) dan anthropos (manusia), yang secara harfiah bermakna sebagai konseptualisasi dari praktik memberi (giving), pelayanan (service) dan asosiasi (association) dengan sukarela untuk membantu pihak lain yang membutuhkan sebagai ekspresi rasa cinta.

Perbankan syariah

Perbankan syariah tidak mengenal istilah bunga dan kredit. Lembaga keuangan perbankan terdapat berbagai jenis risiko seperti risiko modal, risiko likuiditas, risiko kredit/pembiayaan, risiko pasar, risiko operasional, risiko hukum, dan risiko reputasi. Pembiayaan bank syriah terdapat dua aspek yang harus memenuhi yaitu syar'i dan aspek ekonomi. Yang mana aspek syar'i adalah realisasi pembiayaan kepada nasabah, dimana bank syriah harus tetap berpedoman kepada syariat islam seperti mengandung unsur maisir, gharar, riba serta usahanya harus halal. 

Sedangkan aspek ekonomi mempertimbangkan perolehan keuntungan baik bank syariah maupun bagi nasabah. Perusahaan yang sangat mempunyai kinerja lingkungan yang sangat bagus akan memiliki dampak positif terhadap para pengusaha/investor melalui fluktasi saham perusahaan yang akan semakin naik dari periode ke periode, sebaliknya jika perusahaan yang sangat mempunyai kinerja lingkungan yang buruk maka akan muncul keraguan dan ketakutan dari pengusaha/investor terhadap perusahaan tersebut dan memiliki  dampak negatif dengan fluktasi saham perusahaan di pasar akan menurun maka dari itu  islamic Corporate Social Responsibility berpengaruh positif terhadap kinerja perbankan syariah.

Auditing syariah

Audit merupakan suatu proses pemeriksaan yang dilakukan secara sistematis atas akun -- akun dalam laporan keuangan suatu perusahaan untuk memastikan bahwa sistem pencatatan dan pendokumentasiannya telah dilakukan dengan baik dan benar, serta terhindar dari kesalahan penyajian ataupun kecurangan.

Adapun audit syriah adalah untuk melihat dan mengawasi, mengontrol dan melaporkan transaksi, sesuai aturan dan hukum islam yang bermanfaat, benar, tepat waktu dan laporan yang adil untuk pengambalian keputusan.

Perusahaan telah meningkatkan kebutuhan audit syariah menjadi lebih komprehensif agar memberikan jaminan untuk stakeholder dan pengguna lain pada kepatuhan syariah. Audit syariah memiliki fungsi sosial sehingga ruang lingkup lebih luas seperti perilaku sosial dan kinerja sosial misalnya dalam pembayaran zakat. Audit syriah memiliki praktik -- praktik di lembaga keuangan syriah yang tidak sepenuhnya sesuai dengan prinsip syariah, baik di Indonesia maupun malaysia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline