Lihat ke Halaman Asli

Model Revenue

Diperbarui: 26 Juni 2015   06:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

PEMBAGIAN MODEL BISNIS INTERNET

3 komponen utama dari model bisnis internet :

1.Revenue Model

2.Commerce Strategies

3.Pricing Model

Penjelasan dan contoh mengenai Model Revenue

Revenue Model e-Commerce

Adalah cara suatu perusahaan menghasilkan revenuenya dari internet. Sekarang ini, banyak perusahaan menggabungkan atau memiliki lebih dari satu bentuk ini.

Contoh model bisnis revenue model adalah :

Commission based model

Merupakan model pendapatan yang diperoleh oleh pihak ketiga (intermediary), yang menjadi market maker atas setiap transaksi yang terjadi di websitenya. Perusahaan hanya sebagai penyedia tempat transaksi yang akan mendapatkan persenan keuntungan dari transaksi pembeli dan penjual.

Contoh : tokobagus.com, ebay, PriceLine, VerticalNet

Advertising base model

Merupakan model pendapatan yang diperoleh dari iklan perusahaan lain yang ditempel di website kita. Setiap orang akan membayar sejumlah uang pada kita sebagai pemilik website ketika ia menitipkan iklannya di website kita.

Contoh : Yahoo!, AOL, MSN

Marked up base model

Model pendapatan yang berasal dari selisih harga jual dan harga beli dari supplier. Model ini biasanya didapatkan oleh took online, virtual merchant, e-shop, dan e-tailer.

Contoh : Etrade, Amazon.com

Production base model

Model pendapatan yang diperoleh dari penjualan produk yang dibuat sendiri. Produk yang diproduksi akan secara langsung dipasarkan melalui internet

Contoh : Dell Computer, HP Campaq, IBM

Reveral base model

Model pendapatan yang diperoleh dari fee karena mengarahkan pengunjung ke website perusahaan lain, biasanya didapatkan olehportal dan search engine perusahaan yang melakukannya antara Google dengan AdWord-nya dan Yahoo!

Subscription base model

Model pendapatan tetap menurut periode tertentu atas service yang diberikan kepada user, missal ISP.

Fee for service based model

Model pendapatan fee berdasarkan beberapa lama atau beberapa banyak user menggunakan service, misalnya perusahaan penyedia webhosting, email account, ASP (application service provider).

Review model e-Commerce

Secara umum, dilihat dari interaksi dan proses transaksinya, model dari aplikasi e-commerce dapat berupa

B2C adalah kegiatan bisnis / perusahaan menjual kepada konsumennya

B2B adalah kegiatan jual beli barang dan jasa antar bisnis / perusahaan

C2B adalah kegiatan konsumen menetapkan harga untuk barang yang mereka ingin beli dan perusahaan bisa mengambil tawaran tersebut / tidak.

C2C adalah kegiatan konsumen menjual kepada konsumen lainnya, biasanya melalui intermediari

Yang nantinya akan mempengaruhi business model serta revenue model dari perusahaan penyedia jasa e-commerce.

Contoh studi kasus revenue model dengan menggunakan model e-Commerce

Dalam kasus ini kami mengambil model e-Commerce B2C dengan sebagai contoh adalah Amazon.com. Perusahaan yang berfungsi sebagai pemimpin atau mediator dalam proses transaksi elektronis yang terjadi antara produsen/penjual dan konsumen/pembeli. Perusahaan ini biasanya mengadakan perjanjian kerjasama dengan perusahaan yang menghasilkan produk. Amazon.com menyediakan berbagai macam layanan untuk para costomernya, diantaranya adalah layanan iklan.

Referensi

1.Model bisnis internet Universitas Gunadarma

2.www.google.com

3.www.wikipedia.com

Disusun Oleh : (Syachriani, Mentari, Helmy, Andyca, Satria)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline