Digital Marketing merupakan proses pemasaran maupun promosi suatu brand, produk, maupun jasa yang dilakukan melalui media digital dan membutuhkan jaringan internet dalam kegiatannya. Jenis digital marketing berupa Search Engine Marketing (SEM), Influencer marketing, content marketing, email marketing, sosisal media. KKN-T Kelompok 26 UNIPMA di Dusun Krajan Desa Semanding Kecamatan Jenangan Ponorogo berhasil melaksanakan kegiatan sosialisasi yang bertema "PENGENALAN DIGITAL MARKETING".
Sosialisasi ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dalam melakukan penjualan secara digital, meningkatkan visibilitas brand, dan mendorong pertumbuhan bisnis. Kegiatan ini diselenggarakan di Balai Desa Semanding yang dihadiri oleh pelaku UMKM dan masyarakat setempat dengan pemateri yaitu Muhammad Nur Luthfi Azis, S.Kom., M.Kom. Tidak hanya sekedar sosialisasi, untuk meningkatkan usaha ini mahasiswa KKN-T kelompok 26 UNIPMA juga melakukan pendampingan kepada pelaku UMKM Jenang, UMKM Keset dan UMKM Krupuk "TRAUWANG" untuk pembuatan stiker logo, dimana pembuatan stiker logo ini bertujuan menarik minat konsumen dalam pembelian produk serta membuat kesan menarik dalam produk tersebut.
Selain pembuatan logo stiker Mahasiswa KKN-T Kelompok 26 UNIPMA juga melakukan pendampingan berupa pembuatan akun marketplace yaitu Shopee dan Facebook. Marketplace adalah sebuah platfrom online yang mempertemukan penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli barang dan jasa. Jenis marketplace ini memungkinkan penjual untuk mendeskripsikan produknya lewat foto dan pembeli bisa melakukan tawar -- menawar dengan penjual. Marketplace juga menyediakan infrastruktur penjualan yang lengkap, mulai dari proses pembayaran hingga pengiriman barang.
Kami memberikan pendampingan untuk proses pembuatan akun di marketplace. Selanjutnya, kami mendukung dalam proses verifikasi akun dan juga membantu dalam pemotretan dan pembuatan video produk untuk keperluan unggah di akun Shopee dan Facebook. Pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan pemasaran online, digital branding, dan menjangkau konsumen secara global. Untuk memudahkan pelanggan membeli produk tersebut, mahasiswa KKN-T UNIPMA turut andil dalam mempromosikannya melalui sosial media dan e-commerce. Dengan demikian sosialisasi dan pendampingan ini dapat bermanfaat bagi pelaku UMKM dalam memasarkan produk.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H