Lihat ke Halaman Asli

Elgi Arga Laksana

Sukses Menulis

Barcode "Scan Me" Inovasi Mahasiswa KKN UM Jember Mengenai Program Edukasi Vaksin dari KCP-PEN

Diperbarui: 8 September 2021   22:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 1. Scan Barcode

Jember (07-09-2021), Mahasiswa Kelompok 21 Kuliah Kerja Nyata Tematik Covid-19 Universitas Muhammadiyah Jember 2021 menyebarkan informasi edukasi vaksin dari Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) melalui barcode "Scan Me". Hal ini merupakan inovasi dari mahasiswa KKN dalam membantu mensosialisasikan kepada masyarakat Desa Pontang mengenai program edukasi vaksin.

Gambar 2. Proses Pemotongan Barcode "Scan Me" Kelompok 21 KKN UM Jember (Dokpri)

KCP-PEN sendiri merupakan komite yang dibentuk oleh pemerintah dalam pemulihan ekonomi dan penanggulangan Covid-19 di Indonesia. KCP-PEN memiliki website sendiri dalam mensosialisasikan program vaksin yang dapat diakses pada tautan berikut ini: https://linktr.ee/covid19.go.id

Dari tautan tersebut, mahasiswa kelompok 21 KKN membuat sebuah barcode dimana barcode tersebut dicetak dan ditempelkan di berbagai tempat yang mudah dijangkau oleh masyarakat. Masyarakat akan diarahkan pada laman KCP-PEN setelah mereka menscan menggunakan Scan QR.

"Dengan adanya barcode mengenai sosialisasi program vaksin tersebut kami berharap dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat Desa Pontang yang ingin memperoleh informasi lebih mengenai vaksin, dan berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya vaksinasi Covid-19" menurut koordinator kelompok 21.

Gambar 3. Mengarahkan Staf Kantor Desa Pontang Menscan Barcode "Scan Me" (Dokpri)

Gambar 4. Masuk Pada Laman KCP-PEN (Dokpri)

Gambar 5. Mengakses Informasi yang Disediakan Pada Laman KCP-PEN (Dokpri)

Dalam laman KCP-PEN tersebut, banyak sekali informasi yang diberikan mulai dari situasi terkini Covid-19, cek dan bukti Hoaks, lokasi faskes vaksinasi, ketersediaan stok vaksin, video edukasi vaksin dan masih banyak lagi lainnya yang bisa dilihat seperti gambar berikut.

Gambar 6. Laman Informasi dan Edukasi Vaksin dari KPC-PEN




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline