Lihat ke Halaman Asli

PKM Uhamka Mengenai Membangun Usaha bagi Milenial

Diperbarui: 31 Juli 2022   21:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Pengabdian Kepada Masyarakat atau yang biasa kami singkat menajdi PKM ini merupakan sebuah kegiatan yang wajib dilakukan sebagian mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof. Dr Hamka. PKM adalah kegiatan yang dilakukan mahasiswa UHAMKA untuk memberikan ilmu kepada siswa dan siswi sekolah SMA/SMK Sederajat agar mempunyai motivasi dalam melakukan wirausahan di pasca pandemi dan mempunya masa depan yang lebih cerah.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan ilmu dan motivasi kepada sekolah SMA/SMK sederajat. Dan dari tujuan yang ada mahasiswa PKM kelompok 35 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka ini mengadakan sebuah seminar dengan judul "Kegiatan Melatih Kaum Milenial Dalam Membangun Usaha Di Masa Pandemi Di Saat Kuliah".

Tepatnya pada hari Jumat tanggal 17 Juni 2022 di Desa Pamijahan, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor yaitu di SMK Nurfadillah telah dilaksanakan pengabdian kepada masyarakat oleh kelompok 35, mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

Kegiatan PKM yang diadakan oleh kelompok 35 disambut baik oleh kepala sekolah SMK Nurfadillah dan dihadiri 30 siswa siswi SMK Nurfadillah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Siswa SMK Nurfadillah tampak sangat antusias mengikuti kegiatan ini dan memberikan kami ruang untuk menyampaikan materi yang telah disiapkan.

Adapun seminar yang diselenggarakan oleh PKM kelompok 35 yang berjudul kegiatan melatih kaum milenial dalam membangun usaha di masa pandemi di saat kuliah ini diawali dengan pembukaan MC dan dilanjut dengan sambutan oleh Ketua Pelaksana PKM sekaligus pembuka acara seminar PKM kelompok 35 dengan mempekenalkan anggota PKM kelompok 35. Setelah rangkaian acara tersebut dilanjutkan dengan Pemberian Materi.

"Di tengah pandemi Covid-19 seperti ini, semua pengusaha perlu beradaptasi secepat mungkin, salah satunya dengan cara membangun kekuatan tim menjadi lebih solid. Dengan memiliki tim yang solid, maka segala  beban dan kesulitan menjadi lebih ringan dana kan lebih mudah diatasi" tutur Nathasya sebagai pemberi materi seminar SMK Nurfadillah.

Diberikan juga materi strategi marketing baru dan sebuah ide bisnis di masa pandemi. Kami memberikan sosialisasi mengenai memanfaatkan teknologi sekarang untuk membangun usaha dan media untuk pemasaran, periklanan dan bisnis.

Peran milenial berperan besar dalam perekonomian saat ini. Pemikiran milenial tidak hanya bisa mengikuti tren yang ada, tetapi juga menciptakan perubahan dan membuka jalan bagi hal-hal baru di masyarakat. Hal ini tidak mudah untuk dicapai dalam waktu singkat, namun dapat dipahami bagi siswa siswi pada usia sekarang agar nantinya mereka dapat memiliki keberanian untuk menjadi seorang wirausahawan.

Setelah selesai pemberian materi siswa diberikan sesi tanya jawab kepada materi. Seminar ini juga dimeriahkan dengan diadakannya game Ice Breaking dan berikan hadiah kepada peserta yang aktif bertanya dan menjawab. Selanjutnya PKM kelompok 35 memberikan plakat sebagai simbolis ucapan terimakasih dan sedikit dana bantuan kepada pihak sekolah SMK Nurfadillah.

"Sebelumnya saya ingin mengucapkan banyak-banyak terimakasih kepada kepala sekolah dan Guru - guru SMK Nurfadillah yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk menjalakan Seminar ini, untuk teman - teman semoga dengan diadakan Seminar ini kalian bisa mendapatkan ilmu baru, ilmu yang bermanfaat karena ini mencakup masa depan kalian setelah lulus dari SMK Nurfadillah." Tutur Vido selaku ketua Pelaksana PKM




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline