Lihat ke Halaman Asli

Dwibudi.S

Fisip UMJ

Komponen Komunikasi Massa

Diperbarui: 6 Januari 2020   06:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Dalam komunikasi massa ada beberapa komponen yang dapat mempengaruhi dengan proses penyampaian, Dengan di iringi perkembangan ilmu pengetahuan dengan paham-paham pakar untuk melekat kan bagaimana sistem komunikasi massa tertata dengan baik dari sistem literatur nya. Dari bebrapa komponen komunikasi massa diantara nya.

Komunikator sebagai penyampai informasi terhadap masyrakat menjadikan tujuan nya untuk memberikan stimulus dari sebuah informasi dan, Dari perekembangan nya komunikatro dalam penyampaian nya menggunakan beberapa instrumen di anataranya Media cetak didalam konten tersebut menjelaskan kebutuhan informasi terhadap masyarakat dengan memaparkan beberapa berita secara tulisan dan gambar.Dan juga ada Media elektronik didalam nya ada beberapa komunikator secara langsung menjelaskan informasi yang di sedang di bahas didalam sebuah program media

Code and Content adalah pesan yang disampaikan terhadap masyarkat dalam benuk code dengan cara memasukan sebuah gambar, tulisan atau video yang memiliki makna dalam penyampaian simbol dari code tersebut misalkan dari media cetak code nya merupakan tulisan dan dari media eletronik code nya merupakan sebuah video yang memiliki sebuah maksud dan makna. 

Sebuah content yang dapat memberikan presepsi terhadap masyarakat apa isi dari program tersebut dalam sebuah content akan dimasukan apa isi didalam nya yang akan mengisis content dari berbagai kebutuhan informasi yang masyarakat butuhkan sasaran dari setiap konten media terkadang berbeda beda di anatara nya Radio sasaran dari penyamapaian nya adalah telinga pendengar seabagai fokus penyampain content dan Media elektronik harus mendapatkan fokus audiens dari visual dan pendengaran untuk menarik simpatik khalayak dengan content yang sedang di sampaikan.

Gate Keeper dalam media massa hal ini akan menentukan informasi yang akan di muat karna didalam sebuah informasi akan menceritkan segala ranah pemberitaan maupun citra personal, instansi atau corporasi hal ini harus di perhatikan dalam penyampaian dalam segi tulisan, gambar dan video karna untuk menghidari pemberitan yang tidak pantas dimuat atau tidak dibutuhkan dan dapat meyebabkan tindakan negativ terhadap reputasi personal atau kelompok  lain nya, Gate keeper didalam media massa di antara nya penerbit majalah, editor surat kabar dan manjaer stasiun radio , produse film , produer berita TV.

Regulator dalam hal ini yang menentukan kebijakan media massa karna media massa berada didalam sebuah wilyah kekuasaan sifat ini tidak dapat di hindarkan dan wajib di patuhi oleh setiap pemegang saham sebuah media massa hampir sama seperti gate keeper tetapi regulator bergerak di luar istitusi, regulator dapat menentukan informasi itu dapata mempengaruhi kondisi pemertintahan atau tidak jika media dapat mengancam reputasi pemetintahan regulatro dapat menghentikan produksi, di Indonesia terdapat lembaga mengatur penyiaran adalah (KPI) di atur dalam UU No.40 yahun 1999 tentang pers




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline