Lihat ke Halaman Asli

Menemukan Kedamaian dalam Ketergantungan Pada Allah SWT

Diperbarui: 20 Oktober 2024   08:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Mas Riyanto Riadi

Sering kali, kita menghadapi berbagai permasalahan hidup dengan beban yang terasa begitu berat. Stres dan emosi berkepanjangan sering menjadi teman dalam keseharian. Padahal, jika kita mampu menstandarkan segala masalah yang kita hadapi kepada Allah SWT, mungkin beban itu akan terasa lebih ringan. Keyakinan bahwa setiap ujian dan cobaan memiliki solusi yang sudah digariskan oleh-Nya, memberikan kita ruang untuk melepaskan diri dari ketakutan dan kecemasan yang berlebihan.

Al-Qur'an sudah memberikan banyak petunjuk tentang bagaimana kita seharusnya menghadapi kehidupan ini. Namun, terkadang bukan soal menemukan Tuhan di luar sana, melainkan menyadari kehadiran-Nya dalam setiap detik, dalam setiap hembusan nafas yang kita ambil. Allah SWT tidak perlu dicari di tempat yang jauh, Dia selalu dekat---hanya perlu kita temukan dalam diri kita sendiri.

Sering kali, kecintaan kita yang terlalu besar pada dunia menghalangi pandangan kita. Kita terjebak dalam logika, menganalisis segala sesuatu tanpa mengaitkannya dengan ketergantungan kepada-Nya. Akibatnya, kita kehilangan ketenangan yang seharusnya bisa kita raih. Namun, ketika kita mampu menundukkan hati, menyerahkan segala urusan kepada-Nya, maka kedamaian akan hadir dengan sendirinya, dan kita tak lagi terbelenggu oleh masalah dunia.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline