Lihat ke Halaman Asli

Penyebab Pemanasan Global

Diperbarui: 6 Desember 2023   00:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

a https://unair.ac.id/wp-content/uploads/2021/12/Ilustrasi-by-Info-Bintaro.jpg

Pengertian Pemanasan Global

Pemanasan Global berarti bahwa ada peningkatan suhu di permukaan bumi, atmosfer, dan lautan karena disebabkan oleh manusia.

Penyebab Pemanasan Global: 

  • Peningkatan Gas Rumah Kaca

Gas rumah kaca disebabkan dari bahan bakar seperti minyak bumi, batu bara, dll. hal ini akan menyebab pantulan dari sinar matahari yang menyinari rumah kaca dan dipantulkan balik ke atmosfer yang akan menyebab atmosfer untuk menipis. atmosfer tersebut menipis karena dari gas-gas yang ada di rumah kaca seperti Karbon Dioksida (CO2), metana (CH4), Nitrogen Oksida (NO), dan gas-gas yang digunakan untuk mendinginkan suatu ruangan (CFC).

  • Gas Industri 

Gas industri adalah bahan gas yang dihasilkan untuk digunakan pada industri. Gas-gas tersebut yang dihasilkan dari industri adalah nitrogen (N), oksigen (O2), karbon dioksida (CO2), argon (AR), hidrogen (A) , helium (He) dan asetilena. Gas-gas tersebut menyebabkan atmosfer untuk menipis.

https://cdnwpedutorenews.gramedia.net/wp-content/uploads/2021/09/15142303/limbah-industri.jpg

  • Deforestasi

Deforestasi adalah penebangan pohon yang dilakukan agar manusia mendapatkan properti tetapi jika kita melakukan deforestasi, kita dapat menghasilkan gas asap yang cukup banyak. gas asap tersebut akan membuat atmosfer bumi menipis.

https://cdn.betahita.id/5/7/8/4/5784_840x576.jpg

Akibat dari Penyebab Pemanasan Global:

  • Akibat Gas Rumah Kaca 

Suhu di bumi semakin tidak stabil karena dari efek rumah kaca. Atmosfer di bumi semakin menipis karena dari gas rumah kaca yang di akibatkan dari gas-gas yang berada di gas rumah kaca.

  • Akibat Gas Industri

Jika gas industri tetap di pakai di bumi dan tidak ada hentinya, maka bumi ini akan semakin rusak. Salah satu efek jika kita tetap memakai gas industri adalah Polusi air, bumi ini membutuhkan air cukup banyak, tetapi karena adanya gas industri, air tersebut akan tersentuh dengan logam berat, bahan kimia berbahaya, limbah radioaktif, dan bahkan lumpur organik. 

  • Akibat deforestasi
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline