Lihat ke Halaman Asli

Keisha Revalina Wulandari

Mahasiswa Teknik Industri Universitas Airlangga

Online Buying pada E-Commerce di Era Revolusi Industri 4.0

Diperbarui: 14 Mei 2023   23:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Perilaku sosial masyarakat di era sekarang ini sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi ditandai dengan adanya Revolusi Industri 1.0 sampai dengan Revolusi Industri 4.0. Hal ini merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku kehidupan masyarakat. Revolusi Industri tidak hanya membuat perubahan besar pada bidang teknologi saja, namun juga merambah pada sektor ekonomi, sosial dan hukum. Teknologi baru yang memanfaatkan internet menjadi sebuah titik strategis pada proses revolusi industri saat ini. Revolusi industri 4.0 merupakan integrasi pemanfaatan internet dengan lini produksi di dunia industri. Akhirnya pun terjadi perubahan dalam dunia industri dewasa ini yang ditandai dengan berubahnya iklim bisnis dan industri yang semakin kompetitif, dikarenakan adanya perkembangan teknologi informasi.

Industri 4.0 merupakan revolusi industri yang menggabungkan teknologi otomatisasi dengan teknologi cyber. Hal tersebut meliputi tren otomatisasi dan pertukaran data dalam teknologi bisnis yang mencakup beberapa bagian yaitu Internet of Things (IoT), komputasi awan dan komputasi kognitif. 

Tren belanja online dan digital marketing menjadi peluang produsen untuk menyambut era revolusi industri 4.0. Online shopping atau aktivitas berbelanja online menjadi gaya hidup baru bagi pengguna Internet. Komunikasi terbuka yang sejajar, datar, dan luas telah membuka kemungkinan tidak terbatas bagi komunikasi antar pengguna Internet, yang pada akhirnya juga membuka peluang bagi terjadinya transaksi menjual atau membeli.

Revolusi Industri 4.0 telah menghadirkan berbagai ragam perkembangan teknologi untuk mempermudah segala kegiatan. Hal ini telah terlihat jelas pada masyarakat Indonesia. Kehadiran berbagai perusahaan yang menyediakan layanan barang dan jasa berbasis online telah menyebar luas di Indonesia. Salah satu contoh adalah kehadiran GO-JEK yang bermula sebagai penyedia layanan jasa transformasi online telah menggeser tukang ojek yang menyediakan layanan jasa konvensional. Perilaku masyarakat ekonomi yang lebih memilih sistem online demi kemudahan dalam memenuhi segala aspek kehidupan menuntut para pelaku bisnis berlomba-lomba menentukan strategi terbaik untuk keunggulan kompetitif. UMKM yang merupakan salah satu industri unggulan Indonesia harus merubah strategi bisnis dengan memanfaatkan teknologi agar tidak tertinggal dengan para pelaku bisnis lainnya.

Perilaku masyarakat ekonomi yang lebih memilih sistem online demi kemudahan dalam memenuhi segala aspek kehidupan menuntut para pelaku bisnis berlomba-lomba menentukan strategi terbaik untuk keunggulan kompetitif. UMKM yang merupakan salah satu industri unggulan Indonesia harus merubah strategi bisnis dengan memanfaatkan teknologi agar tidak tertinggal dengan para pelaku bisnis lainnya.

Teknologi e-commerce atau electronic commercial dikembangkan untuk memudahkan transaksi bisnis dengan memanfaatkan teknologi internet dan webside. Berdasarkan survey (Jurnalis, 2019) besarnya jumlah penduduk Indonesia merupakan peluang pasar yang besar bagi para pelaku industri, hal ini ditandai dengan 30 juta jumlah penduduk Indonesia yang menjadi konsumen maupun pelaku e-commerece. 

Banyak faktor yang menjadi alasan masyarakat untuk merubah prilaku untuk memenuhi kebutuhan hidup dengan e-commerce. Salah satu alasan adalah berbagai kemudahan melakukan transaksi yang ditawarkan dengan e-commerce. Selain itu pesatnya perkembangan e-commerce di Indonesia juga dipengaruhi oleh gaya hidup masyarakat Milenia yang lebih suka berbelanja secara online.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline