Lihat ke Halaman Asli

Kebersihan Kelasku

Diperbarui: 15 Februari 2019   09:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Kebersihkan kelasku tidak terlalu baik. Setiap hari pasti selalu ada sampah yang berserakan di sekitar kelas. Meskipun suah disediakan tempat sampah, selalu saja ada yang membuangnya sembarangan. Kelas jadi tidak nyaman digunakan belajar. Lantai tertutupi sampah, kelas berantakan, bahkan kelas bisa bau karena sampah-sampah yang berserakan. Hal ini disebabkan oleh siswa-siswi yang malas membuang sampah ditempatnya. Disebabkan oleh mereka yang tidak peduli dengan kebersihan lingkungan sekitar.

Sekarang, kita sudah mulai sadar akan sikap jelek kita itu. Bersama dengan wali kelas, kita membuat beberapa peraturan di kelas. Seperti: Jangan membuang sampah sembarangan, merapihkan bangku dan meja  dan jika ada sampah yang berserakan, bersihkan walaupun sampah itu bukan milikmu. Di kelasku juga terdaat jadwal piket. Setiap siswa  akan bekerja membersihkan kelas sesuai jadwal piketnya masing-masing.

 Masih banyak siswa-siswi yang mengabaikan tugas piket mereka. Tapi kesadaran kita akan kebersihan kelas membuat sebagian besar dari kita menaati peraturan dan melaksanakan tugas kita masing-masing. Murid melaksanakan tugas piketnya, membuang sampah pada tempatnya, dan guru terus mengingatkan agar muridnya menaati peraturan. Jika kita semua berkontribusi dengan baik menjaga kebersihan kelas, kelas pasti akan selalu bersih dan nyaman digunakan untuk kegiatan pembelajaran.

Banyak yang bertanya, untuk apa kita mejaga kebersihan kalau ada yang membersihkan? Jangan salah, menjaga lingkungan sendiri juga banyak manfaatnya bagi diri kta sendiri. Selain dapat terus menjaga kebersihan linkungan kita, kita juga bisa melatih diri kita untuk terus disiplin dan bertanggung jawab.  Juga dengan membantu orang-orang yang memberisihkan, kita bisa menjaga kerukunan, mengenal sesama dan banyak keuntungan sosial lainnya bisa kita dapati dengan bekerja sama, saling membantu, menjaga lingkungan kita.

Jadi, setelah mengetahui manfaat menjaga lingkungan kita, kenapa ragu menjaganya? Mulai dari lingkungan-lingkungan kecil seperti: Kelas,atau sekolahmu. Lalu jagalah kenyamanan lingkungan-lingkungan disekitar. Jalan-jalan, pusat perbelanjaan, atau taman kota.  Menjaga kenyamanan dirimu dan orang lain. Mungkin nanti, kamu bisa berkontribusi membantu menjaga lingkungan kita bersama-sama.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline