Lihat ke Halaman Asli

KKN Kelompok 30 kedungudi 2023

Tim KKN-P Kelompok 30 - universitas muhammadiyah sidoarjo

Pengabdian Masyarakat Melalui Pendampingan Mengaji di TPQ Baiturrahman Desa Kedungudi

Diperbarui: 22 Januari 2023   13:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. kegiatan di TPQ Baiturrahman/dokpri

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) melaksanakan pendampingan mengaji di salah satu TPQ yang ada di desa Kedungudi. Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 30 bersama guru-guru utama yang mengajar ngaji  melakukan pendampingan mengaji, Jum'at (20/01/2023).

Terdapat kurang lebih 50 siswa yang belajar mengaji di TPQ Baiturahman yang terletak di salah satu mushola wakaf yang berada di desa Kedungudi ini. Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN-P) Kelompok 30 yang ikut serta dalam pendampingan mengaji berjumlah 3 orang yang merupakan anggota divisi pendidikan.

foto kegiatan di TPQ Baiturrahman/dokpri

Pendampingan nemgaji dilakukan setiap 1 minggu sekali yaitu setiap hari Jum'at. Kegiatan ini dilakukan pada pukul 16.00 WIB hingga 17.00 WIB sore. Pembuatan mengaji ini dimulai dengan pembiasan yang diantaranya do'a sehari-hari, bacaan sholat, surat pendek, dan lain-lain. 

TPQ Baiturahman yang berada di desa Kedungudi menerapkan metode qiroati dan dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan tingkatan bacaan tartil dan terdapat 7 kelompok yang masing-masing diampu oleh guru yang bersertifikasi metode qiroati. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline