Lihat ke Halaman Asli

Kedungrejo Pride

Mahasiswa/UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Sosialisasi Pengenalan E-Commerce Kepada Pelaku UMKM Oleh Mahasiswa KKM Kelompok 28 UIN Malang Dalam Rangka Upaya Optimalisasi dan Peningkatan Perekonomian Desa Kedungrejo

Diperbarui: 10 Januari 2023   08:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa KKM Kelompok 28 UIN Malang Sosialisasi Pengenalan E-Commerce Kepada Pelaku UMKM

Mahasiswa KKM Kelompok 28 UIN Malang Sosialisasi Pengenalan E-Commerce Kepada Pelaku UMKM

Mahasiswa KKM Kelompok 28 UIN Malang Sosialisasi Pengenalan E-Commerce Kepada Pelaku UMKM

Mahasiswa KKM Kelompok 28 UIN Malang Sosialisasi Pengenalan E-Commerce Kepada Pelaku UMKM

Mahasiswa KKM Kelompok 28 UIN Malang Sosialisasi Pengenalan E-Commerce Kepada Pelaku UMKM

Mahasiswa KKM Kelompok 28 UIN Malang Sosialisasi Pengenalan E-Commerce Kepada Pelaku UMKM

Mahasiswa KKM Kelompok 28 UIN Malang Sosialisasi Pengenalan E-Commerce Kepada Pelaku UMKM

Mahasiswa KKM Kelompok 28 UIN Malang Sosialisasi Pengenalan E-Commerce Kepada Pelaku UMKM

Kedungrejo, Pakis---Minggu Pagi, (8/1/2023) Mahasiswa KKM 28 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menggelar kegiatan sosialisasi pengenalan e-commerce (perdagangan elektronik) kepada beberapa pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang ada di Desa Kedungrejo. Sosialisasi tersebut dilaksanakan di BUMDES (Bumi Desa) dan dihadiri oleh para tamu undangan (termasuk dosen pembimbing lapangan kelompok 28, bu Anik Mahmudah) dan pelaku UMKM yang bersangkutan. Pengenalan e-commerce dan sistem penggunaannya, yang mana merupakan topik utama dalam sosialisasi ini, disampaikan oleh Ihdatul Ulya Dian Pratiwi dan Wulidatu Qurrotu A'yun kemudian dilanjutkan pengenalan admin dan pemaparan materi bagi hasil oleh Ibu Indra selaku pengelola BUMDesa (Badan Usaha Milik Desa) Rejo Jaya Abadi. Adapun tujuan utama diadakannya sosialisasi ini adalah sebagai salah satu upaya yang ditempuh oleh mahasiswa KKM 28 dalam rangka membantu masyarakat memperluas jaringan pemasaran UMKM yang dimiliki melalui pemanfaatan kemajuan teknologi. Diantara UMKM yang terlibat yaitu: Bandeng, Lollipop, Tanaman Hias, Tempe Mendoan, Ledre, Jamu, dan Ulat Hongkong (sebagai makanan ternak peliharaan).Dari hasil sosialisasi, pelaku UMKM menyetujui pemasaran usaha mereka melalui e-commerce dan bekerja sama dengan BUMDesa Rejo Jaya Abadi, dengan sistem one call direct untuk online store (toko online) yakni admin akan menghubungi pihak UMKM ketika ada pesanan yang masuk, dan sistem titip untuk offline store yang mana dikhususkan bagi pihak UMKM yang berminat, dikarenakan resiko kerusakan produk menjadi tanggung jawab pelaku UMKM.Diharapkan dengan diselenggarakannya sosialisasi ini, para pelaku UMKM dapat memanfaatkan teknologi yang ada sebagai wadah untuk meningkatkan mutu dan kualitas produk dan pemberdayaan SDM (Sumber Daya Manusia) serta memperluas jaringan pemasaran  yang tidak hanya sebatas penjualan regional tetapi juga dapat memasuki pasar-pasar besar dengan jaringan yang lebih luas.Penulis : Arifah Mutawaffika, Hukum Tata Negara

Mahasiswa KKM Kelompok 28 UIN Malang Sosialisasi Pengenalan E-Commerce Kepada Pelaku UMKM

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline