Lihat ke Halaman Asli

Kedungrejo Pride

Mahasiswa/UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

SULING (Subuh Keliling) di Desa Kedungrejo Kecamatan Pakis, Kelompok 28 KKM UIN Malang Turut Serta

Diperbarui: 24 Desember 2022   22:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Desa Kedungrejo, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang (Jum'at, 23 Desember 2022, Pukul 3.45 s/d selesai) telah dilaksanakan kegiatan SULING (Subuh Keliling) di masjid Rachmad Saidillah (Perumahan Putri Bunga Nirwana) kegiatan tersebut dihadiri para warga, perangkat desa, tokoh masyarakat, dan disemarakkan oleh mahasiswa KKM kelompok 27 dan 28 dari Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang). Selain turut serta dalam meramaikan acara SULING (Subuh Keliling), kelompok KKM 27 dan 28 juga memanfaatkan kegiatan tersebut untuk menambah wawasan keagamaan dan meningkatkan interaksi sosial dalam bermasyarakat. 

Acara dimulai dengan sholat subuh berjama'ah kemudian dilanjutkan dengan wirid dan doa  bersama. Lalu acara dibuka oleh MC dan dilanjutkan dengan Gema Wahyu Ilahi yang dibacakan oleh Ust. Usman Pamudji S.Ag. M.Ag., kemudian masuk ke inti acara yaitu mauidhoh hasanah (Nasihat Kebaikan) yang dipimpin oleh Kyai Muhammad Husnan. Beliau merupakan jajaran MWCNU (Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama) lebih tepatnya khatib Suriah Pakis, penyampaian materi yang sangat menarik dan pembawaan yang sangat tenang membuat para peserta acara SULING (Subuh Keliling) menikmati dan memperhatikan mauidhoh hasanah dengan seksama. Beliau menyampaikan beberapa poin penting salah satunya yaitu, sebagai umat Islam yang taat, manusia harus banyak-banyak mengingat kematian dan segera bertaubat serta memperbanyak amal ibadah. 

Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh H. Muhammad Ikhwan yang merupakan ketua DMI (Dewan Masjid Indonesia) Pakis. Lalu memasuki penghujung acara, yaitu foto bersama dengan warga desa Kedungrejo, perangkat desa, tokoh masyarakat dan mahasiswa KKM UIN Malang. Setelah acara foto bersama, mahasiswa KKM kelompok 27 dan 28 diarahkan untuk makan bersama guna mempererat persaudaraan dan membangun tali silaturahmi antar warga dengan warga maupun warga dengan mahasiswa KKM kelompok 27 dan 28. Demikian berita acara kegiatan Kelompok 27 dan 28 (Jumat subuh,  23-12-2022)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline