Pada kesempatan yang lalu mungkin sudah kita bahas mengenai tegangan batrai berapa voltase dan bagaimana perawatan serta umurnya yuk kita cek apakah tegangan serta umur aki itu seberapa lama dan seberapa pentingkah dalam mengetahui hal tersebut karena akan memudahkan kita di kemudian hari semoga bisa bermanfaat
poin yang sangat penting pada kendaraan yang akan kita service adalah poin kelistrikan memang bukan penghasil listrik utama pada sebuah kendaraan tapi masih sedikit mis komunikasi dengan istilah kelistrikan satu ini
pada sebuah kendaraan batrai atau accu sering di sebut sumber kelistrikan pada sepeda motor sedikit informasi untuk komponen penghasil listrik adalah spull buka batrai karena pada komponen spull tersebut yang mengalami gesekan pada rotor dan stator sehingga menghasilkan arus listrik
arus listrik pada sepull yang bermuatan tegangan AC harus di stabilkan dengan komponen pengubah aru yaitu qiprok dimana tegangan AC dirubah menjadi tegangan DC yang akan di tampung pada komponen batrai accu hanya menampung listrik yang akan di gunakan pada saat kendaraan start awal
listrik di perlukan ketika kita menekan saklar stater dan kemudian kendaraan dapat memutar poros engkol sehingga terjadilah prosess pembakaran lalu kendaraan bergerak menuju tempat tujuan ok kita bahas bagaimana merawat batrai tersebut supaya awet dan anti dorong
pertama yang harus di perhatikan adalah kualitas pada batrai tersebut apakah ori atau kw jangan tergiur oleh harga yang murah tapi tidak mempertimbangkan kualitas pada batrai itu sendiri kita bisa berkonsultasi dengan pakarnya di bengkel resmi alih alih pengin murah tapi banyak masalah
sangat penting loh untuk menentukan batrai ini kenapa karena motor keluaran baru rata rata tidak memiliki kick stater dan jika terjadi drop pada batrai maka motor tidak dapat bekerja semestinya karena ada trobel maka komponen utama seperti ecu akan bekerja tidak efesien
kadang timbul permasalahan lain seperti saya sudah ganti dengan batrai yang baru tapi ko baru 3 bulan sudah drop malah tidak bisa di stater hal yang harus di cek apakah benar batrai tersebut ori atau kw kalau kw sudah bisa di tebak yah dimana masalahnya kadang juga banyak merek yang ternaman juga tidak awet
hal lain mungkin terjadi contoh apakah kendaraan menggunakan fariasi lampu atau apapun itu juga mempengaruhi seperti kita memasang strobo atau klakson yang beda spek untuk mobil mungkin agar lebih kencang atau lampu tembak yang lebih terang pada batrai standar
sudah di rancang untuk beban standar tanpa adanya accesoris tambahan lainya jika terpaksa kita ingin menambahkan acesoris kita pakai kabel tersendiri dengan di tambahkan sikring untuk meminimalisir kerusakan atau bahkan short pada rangkaian kelistrikan yuk kita cek apakah batrai kita standar atau tidak..?