Lihat ke Halaman Asli

SURYO BUDI TRIAWAN

mengalirlah seperti air tapi tetap kuat seperti karang yang menjulang di tengah laut

Pembelajaran Berbasis Based Learning di SMK Kebon Jeruk

Diperbarui: 2 Maret 2023   09:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

pembelajaran berbasis proyek di smk memang sudah dari dahulu di lakukan tapi memang lebih familiar ketika bermunculan istilah istilah baru sudah bukan rahasia umum lagi sekolah sebagai tempat tumbuh dan berkembang siswa untuk lebih kreatif dan inofatif kami hanya mewadahi aspirasi siswa yang ingin menonjolkan hasil karyanya supaya dapat di lihat dan di hargai 

ada banyak sekali metode yang bisa di gunakan seperti project based learning  atau pembelajaran berbasis projeck seperti bisa kita visualisasikan ini adalah ketika ketika di berikan project bagaimana melakukan pemeriksaan pada engin apa saja poin yang akan di cek sesuai job desk yang telah guru berikan

siswa di persilahkan melakukan pekerjaan sesuai dengan arahan untuk memeriksa berkala seperti service umumnya di sebuah bengkel resmi bagaimana service berkala , service besar sampai turun mesin mereka kami ajarkan dengan seksama untuk pekerjaan itu semua 

Dok. pribadi

bahkan untuk siswa yang sudah kami anggap kopeten bisa kita lakukan pendalaman materi untuk dapat di persiapkan mengikuti perlombaan seperti yang sering di gelar lomba LKS lomba dalam ketepatan dan kecepatan siswa dalam melakukan service jika mereka beruntung dapat mewakili sekolah 

di tingkat wilayahnya yang akan selanjutnya di seleksi di berbagai perusahaan intinya kegiatan pembelajaran based learning itu banyak sekali manfaatnya entah ketika lulus mereka bisa langsung ke bengkel bahkan bisa buka bengkel sendiri karena sudah percaya diri untuk keilmuanya 

menurut kemendikbud kegiatan project based learning ini di perakarsai oleh implikasi surat edaran mendigbud no 4 th 2020 yangmemiliki tujuan untuk memberikan pada pelajar untuk bisa lebih berkolaborasi dengan sesama artinya dengan tujuan siswa belajar secara gotong royong seperti yang smk kebon jeruk lakukan 

Dok. pribadi

dengan di bentuk kelompok kelompok kecil yang terdiri dari 3-5 siswa per groupnya dengan project yang sudah di berikan kepada siswa maka akan timbul sifat kolaborasi ada si pemimpin yang akan mengarahkankelompoknya pada hal yang lebih aktif bahkan bisa juga tutor sebaya sehingga siswa akan lebih leluasa

untuk memberikan pertanyaan memberikan sanggahan dan argumentasi yang bertujuan akan menghidupkan suasana belajar yang sangat hidup bukan di satu arah akan tetapi terjadi komunikasi dua arah antara siswa dan bagi guru akan menjadi juri untuk menentukan dan menengahi ketika terjadi kesalah pahaman antar argumen siswa 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline