Lihat ke Halaman Asli

SURYO BUDI TRIAWAN

mengalirlah seperti air tapi tetap kuat seperti karang yang menjulang di tengah laut

Pengecekan Kebocoran terhadap Radiator

Diperbarui: 21 Januari 2023   08:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Kenapa harus di cek kebocoran terhadap air radiator , kendaraan bermotor khususnya roda empat atau mobil adalah sangat penting sekali melakukan perawatan dan pengecekan terhadap air cooler pada radiator kenapa  ..? karena ketika ada kompunen di radiator ada yang bermasalah maka akan terjadilah overheating yang akan terjadi pada kendaraan tersebut.

Lalu bagaimana mengetahui air radiator itu masih cukup atau telah berkurang bisa kita cek pada area reservoir tank apakah masih cukup atau telah berkurang ketika kita cek secara visual harus diantara full dan low artinya ketika kita cek di bawah batas low maka harus segera kita isi jangan sampai habis 

Apa saja penyebab air radiator berkurang atau bocor salah satu penyebabnya adalah korosif atau karat oleh sebab itu cairan radiator harus sesuai dengan ketentuan kendaraan , lalu apakah boleh di ganti dengan air tentu ketika dalam keadaan darurat di perbolehkan akan tetapi ketika kita sudah sampai rumah atau bengkel harus segera di ganti .

Cooling pada ari radiator memiliki titik didih yang tinggi di atas 100 derajat artinya di temperatur tersebut air cooling akan aman dan tidak akan menguap sehingga tidak cepat habis , beda halnya dengan air biasa yang akan menguap pada temperatur di bawah 10 derajat di smk kebon jeruk jakarta kami belajar bagaimana melakukan test kebocoran pada radiator di atas adalah simulasi ketika siswa kami belajar mengukur kebocoran pada radiator 

Pertama kita siapkan radiator tester untuk mengukur kebocoran dengan cara buka tutup radiator kita lihat standar tekanan paada tutup radiator menunjukan 0.9 psi artinya kita harus melakukan pressur sebanyak 0,9 ketika kita pompa dengan tekanan tersebut jika terjadi kebocoran maka otomatis akan ada sura rembes  tapi jika kita pompa sampai tekanan 0,9 psi tidak ada yang bocor dan rembes artinya radiator masih aman dan layak jalan.

Semoga dapat menambah referensi keilmuan di bidang otomotif , trimakasih 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline