Lihat ke Halaman Asli

SURYO BUDI TRIAWAN

mengalirlah seperti air tapi tetap kuat seperti karang yang menjulang di tengah laut

Pengalaman PKL Selama Bersekolah di SMK Kebon Jeruk

Diperbarui: 9 Januari 2023   07:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok Pribadi

Selamat pagi dan salam sukses kami dari smk kebon jeruk akan sedikit bercerita bagaimana prosess praktek kejuruan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif . Praktek  Kerja Lapangan atau yang biasa disebut PKL merupakan salah satu syarat wajib dilaksanakan pelajar SMKN Kebon Jeruk

PKL (Praktek Kerja Lapangan) yang dilaksanakan selama 3 bulan yang dimulai dari tanggal 1 Januari 2023. PKL merupakan program kerja yang dilaksanakan dari pihak  sekolahan. Kami melaksanakan PKL di bengkel BMW . Praktek kerja lapangan sendiri bertujuan menerapkan materi yang selama ini di dapatkan di Sekolah dalam dunia kerja dan mendapatkan pengalaman langsung di dunia kerja.

Sebelum melaksanakan PKL kita merasa kurang percaya diri  karena selama pandemi masih kurang pengalaman praktek tatap muka,tapi dengan berjalannya waktu kita merasa lebih percaya diri karena bimbingan dari mekanik dan pembina.

Semasa PKL kita mendapatkan banyak pengalaman,mulai dari mengganti kampas rem,kampas kopling,oli,ban,balancing,,gelas,turun mesin,orok radiator,overhaul rem tromol,stel klep,ganti Ing Ben,ganti per,turne up,dan masih banyak lagi.

Pengalaman yang paling berkesan yaitu ketika peosess pembangunan gedung pas sedang banyak mobil dan harus selesai kami selesaikan ketika panas di karena tidak ada atap ,ada lagi pengalaman lucu disaat ada mobil sedang di parkir malah teman terpleset di karenakan banyak oli yg berceceran.

Dengan ada kegiatan Pkl ini kita belajar bagaimana bekerja dengan hati hati dan tetap bertanggung jawab . selain itu kami juga bisa mengetahui nama -- nama komponen , fungsi,& cara kerjanya, kami juga jadi itu tempat penyedia / penyuplai sparepart yang di perlukan. 

Sebenarnya masih banyak pengalaman yang mengesankan, tapi tidak dapat kami sampaikan semua.akan kami lanjutkan pada kesempatan berikutnya




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline