Lihat ke Halaman Asli

Dina Karlina

Mahasiswa

Apa Sih Definisi Cantik Itu?

Diperbarui: 17 Oktober 2022   16:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Beauty. Sumber ilustrasi: Unsplash

Di zaman yang serba modern ini, banyak sekali produk kecantikan yang memasang harga dari yang terendah hingga paling tinggi. Kalangan wanita pun berlomba-lomba melakukan banyak treatment untuk mempercantik diri. Tak hanya soal wajah saja, mereka juga biasanya melakukan diet, olahraga ataupun mengkonsumsi obat pelangsing agar berat badan mereka menjadi ideal. Berbagai macam cara dilakukan hanya demi satu tujuan, yaitu menjadi cantik. Bahkan ada segelintir orang yang tak peduli jika mereka melakukan hal ekstrim untuk mempercantik diri.

Cantik sendiri merupakan anugrah bagi setiap orang, biasanya wanita yang memiliki paras cantik banyak disukai pria, bahkan tak jarang mereka mendapat perlakuan yang berbeda dari orang-orang sekitarnya. Padahal kita tidak boleh melihat seseorang dari wajahnya saja, karena orang cantik belum tentu baik hati.

Dari beberapa sumber yang penulis baca, sekarang ini standar kecantikan di Indonesia digambarkan dengan kulit putih, hidung ramping, dan berat badan yang ideal. Hal itu juga terbukti dengan adanya produk-produk kecantikan dengan klaim dapat memutihkan, padahal cantik tidak harus putih, tidak harus hidung yang ramping, dan badan yang ideal. Bayangkan jika semua orang memiliki ciri khas yang sama? Tentu itu tidak akan menarik bukan, perbedaan itu perlu karena dengan perbedaan setiap individu menjadi unik dan menarik.

Pernah dengar kalimat "Cantik itu relatif?"

Saya termasuk orang yang mempercayai peryataan tersebut, karena definisi cantik setiap orang itu beda-beda. Saya pernah bertanya kepada beberapa orang mengenai definisi cantik bagi mereka, jawaban mereka pun beragam. Ada yang mengatakan wanita yang ramah sudah terlihat cantik, ada yang mengatakan wanita dengan pipi cubby terlihat menawan, serta ada yang mengatakan wanita yang percaya diri bahwa tampilan dirinya sudah sesuai diri sendiri bukan karena orang lain itu menurutnya sudah cantik.

Karena memang definisi cantik itu sangat luas, seseorang bisa terlihat cantik tergantung bagaimana cara kita memandangnya. Karena sesungguhnya cantik itu bukan hanya wajah, tetapi perilaku yang baik serta wanita yang dapat menghargai dirinya pun sudah terlihat cantik.

Manusia diciptakan oleh Tuhan dengan rupa yang berbeda, ketika Tuhan menciptakan manusia dengan rupa yang berbeda, sesungguhnya ada keunikan yang membuat dunia menjadi berwarna. Mari kita renungkan, bila standar kecantikan adalah kulit putih, tinggi semampai, badan berlekuk dengan rupa yang sama, maka dunia menjadi hambar, karena pemandangan yang ada menjadi sama saja sehingga tidak dapat dikatakan bahwa definisi kecantikan tersebut berlaku.

Perlu disadari ketika melihat pasangan yang memiliki anak, baru menikah, atau dalam fase berpacaran dapat dilihat bahwa standar kecantikan tidak sama. Hal ini menjadi pembuktian bahwa cantik tidak hanya dilihat dari penampilan saja, melainkan dari hati yang terpancar melalui tutur kata, tindakan, dan perbuatan terhadap sekelilingnya.

Sebagai contoh bahwa kecantikan seseorang yang berbeda adalah berita yang sedang hangat, yaitu bisa disebut sebagai Lesti Kejora. Jebolan dari salah satu kontestan ajang dangdut disalah satu televisi swasta, terkenal dengan suaranya yang khas sehingga lagu yang dinyanyikannya memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh orang lain. Beberapa mungkin mengira bahwa indikator kecantikan adalah tinggi semampai, tapi coba lihat Lesti. Dia bertubuh pendek, jauh dari indikator yang disebutkan, tetapi Lesti idola menjadi berbagai kaum, terutama kaum ibu-ibu. Suara yang merdu, ditambah baik hati, dan ramah kepada orang lain menjadikan Lesti sebagai salah satu idola yang mungkin bisa dibilang cantik.

Terlepas dari skandal kontroversi yang sedang dialami, Lesti tetap berusaha untuk bisa memaafkan suaminya, Rizki Biliar terkait kasus tersebut sehingga Lesti dapat dikatakan memiliki kecantikan dari hati (inner beauty).

Setiap orang "unik"

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline