Lihat ke Halaman Asli

Kayla Mary Susanto

We write to taste life twice, in the moment and in retrospection.

Pendekatan Mimetik dalam Novel Gairah untuk Hidup dan untuk Mati

Diperbarui: 28 Februari 2022   21:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pendekatan Mimetik dalam Novel Gairah untuk Hidup dan untuk Mati

  1. Tesis dan Pengenalan Novel

Pertamanya, pendekatan mimetik dalam kritik sastra merupakan salah satu metode yang paling kuno dan berlandaskan keterkaitan sastra tersebut dengan realitas dunia sekarang atau pada masa lampau. Realita kehidupan seakan direkayasa dan disalurkan sisi emosional dan sentimentalnya melalui kata-kata yang dikemas sedemikian rupa membentuk karya tulis seperti puisi atau novel. Sedemikian pada kesempatan kali ini, akan dikaji sebuah novel karya Nasjah Djamin, seorang sastrawan dan seniman yang menulis Gairah untuk Hidup dan untuk Mati, sebuah novel yang berlatar di Jepang, tempat ia pernah memiliki pengalaman bekerja. Tak hanya itu, pada novel disentuh isu-isu bunuh diri yang mengakar pada masyarakat Jepang, dimana Nasjah Djamin memperlihatkan isu-isu ini dari lensa seseorang yang berasal dari Asia Tenggara. 

Dalam novelnya, diceritakan mengenai seseorang bernama Talib, mahasiswa Indonesia yang bersekolah di Jepang. Salah satu rutinitas Talib, adalah meminum sake ( ) dan whisky dengan temannya, Shimada-sang sambil berbagi cerita. Suatu hari, Shimada-sang tiba-tiba menghilang dan Talib tak bisa menemukannya. Sambil merenungkan kepergian temannya, Talib membaca koran dan menemukan cerita mengenai percobaan bunuh diri suatu wanita. Wanita tersebut ditemukan tak sadarkan diri di dekat sebuah tumpahan pil, dan menariknya lagi, di sebelahnya ada seorang pria ditemukan meninggal dengan tikaman di perut. 

Tiba-tiba pada suatu malam musim semi, Shimada-sang membawa sebotol besar Suntory Whisky sambil mengajak Talib minum bersama. Setelah meneguk begitu banyak alkohol, Shimada-sang mulai menceritakan kisah hidupnya, mulai dari ayahnya yang meninggal akibat harakiri saat Perang Dunia ke-2 dan bagaimana ibunya juga bunuh diri karena tak bisa menanggung malunya bekerja sebagai pelacur. Shimada-sang menangis sambil menceritakan bahwa kakaknya mencoba membunuh diri pula setelah tak sengaja membunuh seorang pria berhidung belang. Talib pun kaget dan tersadarkan bahwa selama ini, gadis Jepang yang berada di berita-berita tersebut adalah Yuko-ciang kakak kandung dari teman dekatnya sendiri.

  1. Argumentasi

Sedikit demi sedikit misteri mengenai tragedi mengenaskan yang menimpa Yuko-ciang terjelaskan dalam bagian-bagian berikutnya dari novel inil. Sedemikian, novel ini mulai menspesifikasikan bagaimana kerasnya hidup di Jepang, mulai dari tuntutan dari masyarakat, bagaimana individualisme menciptakan suasana represif kepada kepribadian orang Jepang, dan perbandingan masyarakat Jepang dengan Indonesia. Semua hal ini digambarkan lewat dengan fragmen-fragmen kehidupan Yuko-ciang serta dengan reaksi Talib sebagai seseorang yang belum 100% bisa memahami isu-isu Jepang dengan bunuh diri dan sebagainya. 

Dimana penggambaran keadaan keluarga Shimada-sang menunjukkan bahwa di Jepang ada tuntutan yang besar dari masyarakat. Memang benar, masyarakat Jepang sangat menuntut Mei Yo ( ), atau kehormatan. Berasal dari tradisi samurai  Jepang yang bernama Bushido ( ), atau yang bisa diartikan sebagai tata cara seorang ksatria, 7 prinsip kehidupan yang dimuat pada Bushido (Nitobe Inazo, 1899: 10-15) ini sendiri, masih sangat relevan di masyarakat Jepang. Novel ini menunjukan hal tersebut, dimana difokuskan kepada kehormatan, dimana novel ini langsung dimulai dengan bagaimana kedua orang tua Shimada-sang bunuh diri untuk mempertahankan kehormatannya. 

Sedemikian muncul pula sebuah pernyataan mengenai Bushido bagian Mei Yo yang dirilis Nitobe Inazo, seorang politisi Jepang, "Shame is like a scar on a tree - rather than disappearing, it grows with time." Pernyataan ini bisa diartikan sebagai, "Malu akibat kesalahan itu seperti luka pada pohon, bukannya menghilang, namun akan bertumbuh seiring waktu."  Hal ini semakin menguatkan relevansi Bushido dan seppuku ( ), atau ritual bunuh diri. Dimana bagi orang Jepang, membuat sebuah kesalahan besar itu tak bisa diperbaiki, dan bahkan akan diperparah oleh waktu. Bisa disimpulkan bagi masyarakat Jepang, mencoreng kehormatan lebih memalukan dibanding meninggal. Ini pun ditunjukkan di bab-bab terakhir dari novel yang banyak menyentuh mengenai bunuh diri di Jepang, pada kalimat seperti berikut, "Apakah ini termasuk tradisi dari zaman ke zaman, aku tak tahu pasti, tapi cerita-cerita klasik Bunraku, Kabuki dan lain-lainya hampir rata-rata menggarap bunuh diri, seppuku atau harakiri." 

Selain itu, dijelaskan pula mengenai giri ( ), sebuah nilai sosial dalam masyarakat Jepang yang merupakan sebuah kewajiban yang mengikat seseorang dengan orang yang lainnya. Dijelaskan pada buku, "Apakah yang membuat seorang siswa yang tidak lulus ujian masuk universitas, tiba-tiba memutuskan nyawanya dan meninggalkan secarik kata ''Ibu maafkanlah aku. Aku sudah membikin malu dan gagal?" Karena ikatan kewajiban dan harga dirinya yang tak sanggup memenuhi cita-cita ibunya yang dengan susah payah menabung untuknya!". Sedemikian semua kalimat rincian ini semua mencerminkan bagaimana tekanan masyarakat Jepang yang berbentuk dalam Bushido, seppuku dan giri, menghasilkan sebuah masyarakat yang saling menuntut dan saling dituntut untuk tidak membuat kesalahan (Wataru Tsurumi, 1993:34). Bisa dilihat saja, dilansir dari CNN Asia, pada bulan Oktober 2020 sendiri, tercatat ada 2.153 jiwa yang terenggut nyawanya akibat bunuh diri. Angka ini bahkan mengalahkan jumlah pasien Covid-19 yang meninggal pada bulan itu, yakni 2.087 orang. 

Novel ini juga sepertinya mengkritik bagaimana masyarakat Jepang terlalu represif terhadap perasaannya sendiri, dan sengaja memendam perasaan mereka. Ditunjukkan pada kalimat seperti. "Setiap orang menyia-nyiakan hidupnya dan menghukum dirinya pada sesuatu, merasa bersalah dan celaka dan ingin mati, padahal ini adalah satu sikap yang tidak memiliki kesanggupan untuk hidup. Itu semua adalah sikap lemah, dan orang yang lemah tidak bisa merdeka jiwanya!". Hal ini memang benar merupakan semacam cerminan akan bagaimana sifat represif masyarakat Jepang membawa mereka kepada perasaan depresi, apalagi sejak krisis-krisis finansial. Belum lagi, kesehataan mental juga masih dianggap tabu di Jepang (dianggap sebagai kelemahan), bahkan mencapai ke titik dimana sekarang Jepang kekurangan psikiater profesional. Hal ini semakin mendorong tindakan bunuh diri yang tadinya memang merupakan kecenderungan yang mengakar pada Bushido, pada tahun 2014-2015 sendiri, setiap harinya, sekitar 70 orang melakukan bunuh diri di Jepang. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline