Lihat ke Halaman Asli

Kayla Kiladah

Mahasiswa

Metode- metode Pembelajaran Semaphore dalam Kegiatan Pramuka

Diperbarui: 20 Juli 2023   20:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Semaphore, atau semaphore, adalah metode pengiriman dan penerimaan berita yang sering digunakan dalam patroli. Semafor pramuka biasanya menggunakan media berupa dua buah bendera. Gerakan patroli semaphore terdiri dari 30 formasi yang masing-masing mewakili huruf, angka atau karakter tertentu.Menurut website Pramuka Klaten, semaphore adalah dua buah bendera yang menggunakan bahasa isyarat. 

Bendera lampu lalu lintas dibuat dengan ukuran 40x40 cm. Warna lampu lalu lintas berbeda, tetapi merah dan kuning paling sering digunakan. Warna tersebut dipilih karena begitu mencolok sehingga mudah terlihat oleh mata. Selain itu, kedua warna tersebut juga tidak menyerupai warna alam seperti hijau, biru atau hitam.Menurut situs Pramuka Klaten, lampu lalu lintas merupakan bahasa isyarat dengan dua bendera

Pengiriman sinyal semafor dalam pramuka dilakukan dengan sepasang bendera. Ukuran bendera 40 x 40 cm di atas tongkat sepanjang 50 cm. Warna kuning dan merah menyilang biasanya digunakan dalam semaphore gerakan pramuka. 

Gerakan bendera semaphore terdiri dari 30 formasi, masing-masing mewakili huruf, angka, atau isyarat tertentu. Cara cepat untuk mempelajari cara menggerakkan semaphore adalah dengan mengetahui prinsip rotasi searah jarum jam. Lampu lalu lintas bergerak perlahan searah jarum jam jika dilihat dari penerima pesan. 

  Cara mudah untuk mengingat gerakan semaphore adalah dengan membayangkan mengirim pesan. Bergerak searah jarum jam, semaphore bendera mengirimkan pesan dengan memegang bendera dengan kedua tangan dan membuat gerakan. Setiap baris mewakili 26 huruf alfabet standar, dan pengirim menulis setiap kata dari pesan tersebut. 

 Kode semaphore tidak hanya melambangkan alfabet, tetapi juga angka, menarik perhatian dan membatalkan pesan sebelumnya. Belajar Sempur dimulai dengan mengenal huruf pada lingkaran, kemudian belajar menerima atau mengirim isyarat huruf, mengacak huruf secara berurutan, kemudian mengirim dan menerima kata dengan menggunakan huruf pada lingkaran.

Adapun pembelajaran sandi semaphore berbasis android ialah berupa aplikasi mengenai pembelajaran sandi morse dan sandi semaphore, pada menu "belajar sandi" pengguna akan belajar dengan menggunakan animasi bergerak, pada menu "Latihan sandi", pengguna dapat Latihan dengan apa yang mereka pelajari di menu "belajar sandi", menu ini memiliki dua penilaian yaitu penilaian berupa kata dan huruf,

Untuk mengingat huruf dan angka semaphore dengan cepat, kami melakukan senam semaphore, atau sering menari semaphore . Keduanya memiliki teknik yang sama untuk menghafal dan mengubah bentuk bor semaphore, namun dengan sedikit perbedaan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melatih huruf semaphore dengan musik. 

 Latihan lampu lalu lintas dibagi menjadi 3 fase gerakan, yaitu gerakan pemanasan diiringi musik santai dan presentasi huruf lampu lalu lintas A-Z. Kedua Core Movement dengan musik upbeat yang ceria dan gerakannya semakin kompleks dan terpola, kemudian Cool Movement, pada gerakan ini musik kembali rileks dan gerakan semaphore dikendalikan seperti gerakan menenangkan pada senam. Semaphore Dance, hampir sama dengan Senam Semaphore, hanya saja tidak diakhiri dengan Cooldown Movement dan gerakan yang ditampilkan lebih bebas dan artistik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline