PENDAHULUAN
Pesan dalam periklanan adalah kunci dalam sebuah kampanye iklan yang efektif. Pesan ini berfungsi untuk mengkomunikasikan nilai, manfaat, dan keunggulan dari suatu produk atau layanan kepada audiens. Pendekatan pesan yang tepat dapat menarik perhatian, membangkitkan minat, dan mendorong Tindakan dari konsumen. Di dalam artikel ini akan membahas berbagai pendekatan pesan periklanan, pentingnya pemahaman audiens, dan strategi untuk menciptakan pesan yang efektif.
Pengertian Pesan Periklanan
Pesan periklanan adalah inti komunikasi pemasaran yang disampaikan melalui berbagai jenis media, seperti televisi, radio, media cetak, dan digital. Oleh karna itu pesan ini dirancang untuk menyampaikan informasi penting tentang produk atau layanan dan mempengaruhi persepsi serta rindakan dari audiens. Elemen utama dari pesan periklanan itu meliputi headline, subheadline, visual atau gambar, dan teks iklan. Semua elemen ini bekerja sama untuk menciptakan komunikasi yang kohesif dan berdampak kepada audiens.
Macam -- Macam Pendekatan Pesan Periklanan
Dalam menulis sebuah pesan, ada beberapa pendekatan yang bisa kita gunakan. Pendekatan-pendekatan ini yang memudahkan kita untuk menyampaikan pesan sesuai dengan tujuan atau objective beriklan yaitu:
Straightforward
Straightforward adalah inti pesan bisa disampaikan secara langsung, jelas, dan singkat. Pendekatan pesan ini difokuskan pada poin-poin penting. Karna pesan yang disampaikan secara langsung dan jelas lebih dipahami dan diingat oleh audiens.
Contoh dari pendekatan pesan ini adalah Shopee: Garansi Tepat Waktu
Demonstration