Lihat ke Halaman Asli

Mas Supri

Penulis

Mengenal SEO Dengan Mengikuti Kursus SEO

Diperbarui: 29 September 2019   08:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

SEO, istilah ini memang kerap muncul di waktu-waktu belakangan ini. Bahkan, saat anda mencari tahu soal SEO di mesin pencari seperti google, anda juga bisa menemukan berbagai iklan yang menawarkan kursus SEO.


Nah, kira-kira apa sih yang dimaksud dengan SEO yang sedang ramai dibicarakan ini? Seberapa pentingnya SEO hingga ada banyak sekali lembaga yang menyelenggarakan kursus SEO mulai dari yang gratis hingga berbayar?


Apa itu SEO

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization atau bisa juga diartikan dengan optimasi mesin pencari. Maksudnya adalah SEO merupakan usaha untuk mengoptimasi website pada mesin pencari agar mendapatkan peringkat tinggi di hasil pencarian.


SEO akan mempengaruhi visibilitas atau keterlihatan website yang anda kelola karena dengan menggunakan SEO website tersebut dapat berada di urutan teratas pada pencarian mesin pencari seperti Google, Yahoo!, Bing dan lain sebagainya.


Hal ini sangat mungkin terjadi karena mesin pencari menggunakan algoritma tertentu untuk mengurutkan website-website tersebut berdasarkan tingkat relevansi dan kualitas dari website tersebut.


Maka, dengan menggunakan SEOanda akan menjadikan website milik anda cbersahabat'dengan algoritma yang digunakan oleh mesin pencari. Akibatnya, mesin pencari pun akan meletakkan website anda di urutan teratas pada hasil pencarian dengan kata kunci tertentu.

Keuntungan menggunakan SEO

Pada jaman yang maju seperti sekarang ini, hampir semua orang mengandalkan internet untuk mencari informasi. Bahkan, tak sedikit diantaranya yang mencari barang untuk di beli.


Oleh karena itulah,keberadaan SEO sangat menguntungkan terutama bagi para pebisnis yang sedang mengembangkan usahanya di dunia maya. Hal ini kemudian mendorong banyak orang ingin mencari tahu dan mempelajari berbagai seluk beluk SEO dan mendorong pula kemunculan berbagai macam kursus SEO yang hadir untuk membantu mencari tahu berbagai hal terkait SEO, utamanya bagi para pemula.


Sebenarnya, keuntungan apa yang didapatkan dengan menerapkan SEO pada website yang anda kelola? Nah, berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan.

1. Meningkatkan trafic


Dengan menggunakan SEO, maka website anda akan muncul di halaman pertama atau bahkan urutan pertama mesin pencari. Hal ini trntu akan sangat berpengaruh terhadap trafic atau pengunjung di website anda. Semakin tinggu peringkat website anda, maka semakin banyak kunjungan yang akan anda dapatkan.

2.Meningkatkan kredibilitas


Keberadaan website di urutan tinggi pada mesin pencari secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap kredibilitasnya. Dengan demikian, maka orang-orang akan semakin percaya dengan yang anda tawarkan ataupun jual.

3.Menjangkau lebih luas

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline