Lihat ke Halaman Asli

KATON SANJAYA

Mahasiswa

Review Komunikasi Visual Iklan Produk AQUA

Diperbarui: 14 Januari 2024   14:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://youtu.be/gMo1WrmuNV4?si=FV57ENJxgsgdLSt3

Air mineral AQUA adalah merk air minum dalam kemasan yang diproduksi oleh AQUA Grup sejak tahun 1973. Penulis akan menganalisis Komunikasi Visual dalam iklan produk AQUA #AdaAQUA.

Teori Ferdinan De Saussure mengatakan bahwa bahasa adalah suatu sistem tanda dan setiap tanda tersebut terbagi menjadi dua bagian, yaitu signifier (penanda) dan signified (petanda). Tanda merupakan suatu kesatuan dalam bentuk Penanda dengan sebuah ide atau petanda. Dengan kata lain penanda adalah bunyi yang bunyi yang bermakna atau coretan yang bermakna. Penanda adalah aspek material dari bahasa, sedangkan Petanda adalah gambaran mental, pikiran atau konsep.

Tanda (sign) : dua orang pria sedang berboncengan masuk keminimarket.

Penanda (signifier) :

https://youtu.be/gMo1WrmuNV4?si=FV57ENJxgsgdLSt3

Petanda (signified) : dua orang pria sedang berboncengan masuk ke minimarket, kemuadian salah satu pria membuka lemari pendingin dan menawarkan sebotol air sambil berkata “Mau Aqua” kemudian temannya menjawab “Nanti Aja”.

https://youtu.be/gMo1WrmuNV4?si=FV57ENJxgsgdLSt3

Tanda (sign) : seorang pria keluar dari pintu market dan menaiki motor.

Penanda (signifier) :

https://youtu.be/gMo1WrmuNV4?si=FV57ENJxgsgdLSt3

Petanda (signified) : seorang pria keluar dari mini market, kemudian menepuk pundak temannya sambil berkata “Yuk Jalan”.

https://youtu.be/gMo1WrmuNV4?si=FV57ENJxgsgdLSt3

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline